Cara Membuat Link WhatsApp Agar Langsung Masuk ke Chat
Review1st — 10 May 2019 09:20

Cara Membuat Link WhatsApp Agar Langsung Masuk ke Chat

Bagi kamu yang memiliki usaha online, meraih pangsa pasar melalui WhatsApp mungkin bisa menjadi strategi tersendiri. Kami memiliki cara untuk membuat link WhatsApp agar ketika orang lain meng-klik link tersebut, maka mereka akan langsung masuk ke chat milik kita.

Tidak hanya itu, link tersebut juga bisa kamu sebarkan melalui layanan jejaring sosial yang lain seperti Facebook, Twitter, Instagram dan bahkan web blog, sehingga kamu bisa lebih dekat dengan calon konsumen karena telah memberikan kemudahan bagi mereka untuk bisa langsung berinteraksi di WhatsApp.

Membuat Link ke WhatsApp Milik Kita

Untuk membuat link WhatsApp, script dasarnya adalah sebagai berikut:

Pada bagian [https://api.whatsapp.com/send?phone=] adalah script default dan jangan kamu rubah, trik ini sebenarnya telah dijelaskan juga di halaman resmi WhatsApp.

Selanjutnya untuk bagian angka adalah nomor telepon yang kamu gunakan di WhatsApp dimana [62] adalah kode negara Indonesia dan sisanya adalah nomor HP WhatsApp yang digunakan, ubah nomor ini dan sesuaikan dengan nomor WhatsApp milik kamu, sehingga nantinya ketika link tersebut di klik maka akan langsung masuk ke chat milik kamu.

Menambahkan Text Otomatis dalam Chat WhatsApp

Jika pada link contoh diatas kita hanya masuk ke halaman Chat tanpa ada isinya, maka sebenarnya kamu juga bisa menambahkan isi tulisan pada chat secara otomatis, seperti contoh berikut ini:

Pada bagian [&text=Halo%20Admin%20Review1st.com] adalah merupakan text defaut saat memulai chat. Bagian ini bisa kamu ubah dan disesuaikan dengan gaya kamu saat menyapa calon konsumen.

Sedangkan bagian [%20] merupakan kode untuk memberikan spasi.

Jadi text yang akan muncul saat memulai chat ketika link di klik adalah: Halo Admin Review1st.com

Format Text Custom

Selain kode diatas, ada beberapa kode-kode lain yang biasa digunakan untuk custom text pada link WhatsApp:

  • [%0A] untuk baris baru (paragraf)
  • [%3A] untuk titik 2 (:)
  • [%3B] untuk titik koma (;)

Selain penambahan karakter dengan kode-kode diatas, kita juga bisa memodifikasi text, agar terlihat menarik, seperti membuat huruf tebal atau miring.

  • kode [*] = *text* akan membuat text menjadi tebal. text
  • kode [_] = _text_ akan membuat text menjadi italic atau miring. text
  • kode[~] = ~text~ akan membuat text menjadi striketrough. text

Selamat mencoba, dan sukses terus untuk Usaha Bisnis kamu ya!

512
512