...
HP POPULER MINGGU INI

Di Balik Aplikasi My Home Credit; Ketika Pembiayaan Bertemu Teknologi

| 14 Apr 2019 21:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Di Balik Aplikasi My Home Credit; Ketika Pembiayaan Bertemu Teknologi

Beberapa kesulitan dalam penggunaan layanan dan produk, terkadang timbul dari langkah yang ditempuh oleh pelanggan. Misalnya, kesalahan memilih merchant atau layanan pembiayaan terbaik, serta kurangnya perencanaan keuangan, dapat berujung pada keterlambatan pembayaran.

Di berbagai bisnis, feedback pelanggan yang berasal dari pengalaman mereka merupakan elemen yang krusial untuk menciptakan produk dan layanan yang ideal. Terkait hal ini, Bill Gates pernah berujar bahwa pelanggan yang paling tidak bahagia bisa menjadi sarana pembelajaran terbaik.

Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia, Home Credit berusaha menjawab tantangan tersebut dengan selalu mengedepankan pelanggan. Di tengah angka pengguna internet mobile yang mencapai 3,9 miliar orang pada Oktober 2018, penyediaan aplikasi mobile menjadi salah satu pilihan bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kenyamanan pelanggannya.

Home Credit Indonesia mengenalkan My Home Credit; aplikasi yang berperan sebagai channel interaksi pelanggan dengan Home Credit, sekaligus mengelola kebutuhan pembiayaan mereka. Lewat aplikasi ini, pelanggan dapat memanfaatkan beragam fitur, seperti: mengetahui informasi angsuran berjalan, promosi, simulasi cicilan, serta lokasi merchant yang menggunakan layanan pembiayaan Home Credit Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Tech in Asia Indonesia berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Home Credit Indonesia untuk mengetahui proses transisi dari bisnis konvensional menjadi bisnis berbasis digital.

Sejak berdiri di Republik Ceko pada 1997, Home Credit telah tumbuh menjadi perusahaan pembiayaan multinasional yang beroperasi di sepuluh negara. Menurut Chief Marketing & Strategy Officer Home Credit Indonesia, Miroslav Hlavac, sejak berekspansi ke Indonesia pada 2013 mereka telah berhasil membangun fondasi yang kuat dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan di atas standar pasar.

Sepanjang perjalanannya, Home Credit Indonesia telah menciptakan beberapa inovasi teknologi seperti penyediaan pembiayaan online di beberapa merchant e-commerce, proses aplikasi 100% paperless, serta penandatanganan kontrak online.

HCI|MiroslavChief Marketing & Strategy Officer Home Credit Indonesia, Miroslav Hlavac (Dok. Home Credit)

Aplikasi mobile untuk pelanggan

Smartphone telah memindahkan segala aktivitas pelanggan hanya dalam satu genggaman tangan. Bagi pelanggan, transformasi ini memudahkan mereka untuk mendapatkan keinginan mereka secara instan.

Menerapkan nilai inovatif perusahaan, Home Credit Indonesia merespons fenomena ini secara cepat, dengan mengembangkan aplikasi mobile My Home Credit pada awal 2017. Menurut Chief Commercial Officer Home Credit Indonesia, Animesh Narang, aplikasi mobile My Home Credit telah membantu perusahaan untuk mendapatkan jutaan pengguna baru.

Chief Commercial Officer Home Credit Indonesia, Animesh Narang (Dok. Tech in Asia Indonesia)

Sejak peluncuran pertamanya pada April 2017, My Home Credit telah mencapai beberapa milestone:

  • Juni 2017: Meluncurkan fitur Call Me yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan panggilan balik dari Home Credit.
  • Agustus 2017: Meluncurkan fitur My Dream untuk memungkinkan pelanggan merencanakan impian mereka, mulai dari merenovasi rumah, pendidikan, hingga investasi, sehingga Home Credit dapat membantu lewat pembiayaan multiguna.
  • Desember 2017: Meluncurkan aplikasi mobile versi iOS.
  • Februari 2018: Lebih dari 1 juta orang telah mengunduh aplikasi mobile ini.
  • Juni 2018: Lebih dari 2 juta orang telah mengunduh aplikasi mobile ini.
  • November 2018: Lebih dari 3 juta orang telah mengunduh aplikasi mobile ini.

“Aplikasi ini dikembangkan dengan berfokus pada apa yang pelanggan butuhkan dan bagaimana mereka mengevaluasinya,” kata Animesh.

Kolaborasi yang cepat dan efektif dengan Metode Scrum

Home Credit Indonesia menyatakan bahwa pencapaian aplikasi ini tidak terlepas dari kolaborasi dan inovasi aktif dari seluruh tim di perusahaan. Salah satu metode yang mereka gunakan adalah Scrum, kerangka kerja yang merupakan bagian dari metodologi Agile. Dengan metode ini, pengerjaan setiap fitur dibagi menjadi bagian kecil dengan penyelesaian secara bertahap dan kolaboratif.

Menurut Vice President Digital Technology Home Credit Indonesia, Tomas Vitek, kesuksesan implementasi Scrum di Home Credit Indonesia terletak pada empat prinsip utama, yaitu mengorganisasikan tim, membagi tanggung jawab masing-masing individu dalam tim, mengatur kolaborasi antara fungsi bisnis yang berbeda, dan mendengarkan opini pelanggan.

HCI-Tomas VitekVice President Digital Technology Home Credit Indonesia, Tomas Vitek (Dok. Tech in Asia Indonesia)

Tomas melanjutkan, pengembangan aplikasi ini tak terlepas dari feedback langsung pelanggan. Seusai tim bisnis mengumpulkan feedback, mereka akan mengolah data tersebut menjadi user stories sebagai referensi tim developer dalam memperbarui aplikasi. “Tim developer kami didukung secara penuh oleh tim bisnis. Mereka berkolaborasi dengan sangat intens untuk proyek ini,” ungkap Tomas.

Dengan Scrum, para developer bertemu setiap dua minggu sekali untuk melakukan sprint. Di sini, mereka membahas progres masing-masing dan merencanakan pembaruan aplikasi selanjutnya. Metode ini membuat pengembangan aplikasi mobile lebih efisien.

Dampak aplikasi mobile bagi pelanggan

Home Credit Indonesia bertekad mewujudkan aplikasi mobile yang penting bagi para pelanggan. Komitmen ini pada akhirnya berkontribusi ke banyaknya jumlah pengguna yang didapatkan oleh My Home Credit. Meski baru berusia kurang dari dua tahun, aplikasi ini telah memiliki lebih dari tiga juta pengguna organik.

Tak hanya berkutat pada layanan pembiayaan, Home Credit Indonesia terus memperbarui aplikasi mobile agar sesuai dengan kebutuhan pasar mereka. Tak tanggung-tanggung, mereka pun bersiap untuk meningkatkan fokus mereka terhadap aplikasi ini. “Dari sebelumnya hanya satu tim, kami sekarang punya empat tim khusus untuk mengembangkan aplikasi mobile,” ungkap Tomas.

Aktivitas lebih mudah dengan aplikasi mobile (Sumber: Pixabay)

Lebih jauh, aplikasi ini telah menjadi gerbang utama bagi para pengguna baru untuk mengenal layanan serta cara mendapatkan informasi terbaru dari Home Credit Indonesia. Dari feedback yang mereka berikan, para pelanggan mengaku bahwa aplikasi tersebut membawa banyak dampak yang berarti, seperti:

  • Membantu merencanakan pembiayaan potensial dan mengelola pembiayaan yang sedang berjalan,
  • Melihat info promosi menarik dari merchant beserta lokasinya,
  • Membuat simulasi angsuran sehingga mereka dapat melihat berapa banyak yang akan mereka keluarkan setiap bulan untuk angsuran mereka,
  • Mendapatkan notifikasi yang memastikan tidak ada keterlambatan pembayaran, dan
  • Menyelesaikan proses aplikasi dan penandatanganan untuk pembiayaan multiguna dari aplikasi mobile.

Bagi Home Credit Indonesia, komitmen mereka untuk memperbarui cara melayani pelanggan tidak berhenti dengan peluncuran aplikasi saja. Mereka ingin memberi dampak berkepanjangan dengan mengubah cara dunia berbelanja. “Aplikasi mobile kami dirancang oleh tim lokal dari dan untuk Indonesia, dengan bantuan laboratorium inovasi kami di Rusia,” tutur Animesh.


Mentransformasi cara belanja masyarakat Indonesia memang bukan perkara mudah, tetapi Home Credit Indonesia berupaya terus mengembangkan bisnis mereka untuk membantu semakin banyak pengguna.

Seiring dengan berkembangnya tim mereka, Home Credit Indonesia akan membutuhkan kontribusi dari talenta berkualitas untuk mewujudkan visinya. Karenanya, perusahaan ini membuka kesempatan bergabung bagi kalian yang ingin turut serta dalam transformasi ini.

Kalau kamu inovatif dan berfokus pada pelanggan, jadilah bagian dari transformasi bisnis pembiayaan di Indonesia bersama Home Credit Indonesia dengan mengklik tombol di bawah ini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia