InPonsel Mobile
Gandeng Spotify, Facebook Siapkan Layanan Musik Baru
Telset — 15 Mar 2019 20:02

Gandeng Spotify, Facebook Siapkan Layanan Musik Baru

Telset.id, JakartaFacebook mengumumkan sejumlah peningkatan yang akan dihadirkannya pada update terbaru di layanannya. Salah satu peningkatan yang akan diberikan adalah layanan musik baru, khususnya fitur berbagi musik, yang akan berkolaborasi dengan Spotify.

Facebook menyebut akan memperbaiki kemampuan fitur berbagi musik melalui fitur baru yang akan tersedia untuk pengguna jejaring sosialnya.

Fitur itu, menurut PhoneArena, akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik secara lengkap via Spotify, serta menemukan lebih banyak lagu dari berbagai musisi.

Saat ini, Spotify merupakan mitra pertama yang dilibatkan Facebook pada upaya perbaikan platform miliknya, namun raksasa jejaring sosial itu mengonfirmasi akan menambahkan layanan musik streaming lain di masa mendatang.

Sementara itu, perusahaan yang bermarkas di Amerika itu juga mencoba untuk dapat bersaing di tengah popularitas layanan video, dengan menghadirkan menu di aplikasi utamanya bertajuk Watch.

Facebook Watch merupakan layanan video-on-demand yang pertama kali tersedia di Amerika Serikat, kemudian merambah pasar lainnya di luar Negeri Paman Sam itu.

Platform ini dirancang secara spesifik untuk menawarkan pengguna rekomendasi video yang diklaim telah dipersonalisasikan. Facebook menyatakan keyakinannya bahwa platform Watch memiliki nilai sesuai dengan investasi yang telah digelontorkannya.

Terkait dengan platform Watch ini, Facebook mengumumkan akan menghadirkan episode lebih banyak pada acara Red Table Talk mulai bulan Mei ini. Red Table Talk merupakan acara bincang-bincang televisi yang dibintangi oleh Jada Pinkett Smith, Willow Smith, dan Adrienne Banfield-Norris.

Facebook turut memboyong Will Smith pada platform video-on-demand karyanya ini, melalui acara bertajuk Bucket List yang dipandu Smith. Facebook juga menyebut tengah memperbaiki pengalaman yang disuguhkan oleh fitur Watch Party.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video di Facebook secara bersamaan dan secara langsung. Perbaikan tersebut dikabarkan berupa opsi baru yang memungkinkan pengguna mengadakan Watch Parties terkait acara yang berlangsung di televisi.

Selain itu, fitur baru ini akan diuji secara global di Facebook Groups selama acara olahraga berlangsung, seperti pertandingan sepak bola UEFA Champions League.

Untuk memulai Watch Party baru, pengguna perlu mengetuk opsi baru bertajuk on TV dan memilih game langsung yang diinginkan.

Facebook mengatakan bahwa ide dibalik penciptaan fitur Watch Party adalah untuk menciptakan pengalaman yang membawa orang lebih dekat. Fitur tersebut juga menginspirasi hubungan antarmanusia.

Lebih dari 12 juta Watch Party di grup telah diluncurkan pada Januari 2018. Fitur itu telah mendorong partisipasi aktif di antara grup karena pengguna mengunggah delapan kali lebih banyak komentar.

Beberapa peningkatan juga telah dilakukan, seperti thread yang akan memungkinkan pengguna untuk memiliki percakapan selain berkomentar secara langsung. Selain itu, pengguna bisa menjadwalkannya.

Semua halaman dan profil di Facebook di seluruh dunia akan bisa menggunakan Watch Party untuk menonton video secara bersamaan dengan pengguna lain. [BA/HBS]

512
512