...
HP POPULER MINGGU INI

Indosat Ooredoo Catat Kenaikan 85,3% Penggunaan Layanan Aplikasi Saat Lebaran

Selular | 28 Jun 2018 23:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Indosat Ooredoo Catat Kenaikan 85,3% Penggunaan Layanan Aplikasi Saat Lebaran

Jakarta, Selular.ID – Sejak H-7 sampai dengan H+7 Lebaran, Indosat Ooredoo mencatatkan kenikan traffic Data sebesar 45% dibanding traffic hari biasa, atau 71% dibandingkan tahun lalu. Tingginya traffic Data didominasi oleh penggunaan aplikasi perpesanan, social media, dan web browsing.

Sebaliknya, traffic layanan suara selama Lebaran 2018 mengalami penurunan sebesar 9% dibanding dengan traffic hari biasa, atau tercatat 169 juta menit. Sementara traffic layanan SMS tercatat 165 juta SMS atau meningkat 2% dibanding traffic hari biasa.

Perubahan gaya komunikasi pelanggan yang cenderung menggunakan OTT (over the top) atau layanan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan aplikasi sejenis lainnya, berakibat pada naiknya volume penggunaan sebesar 85,3% dibanding hari biasa.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan baik untuk telepon, SMS maupun Data untuk memastikan pelanggan tetap lancar dan nyaman berkomunikasi selama masa mudik, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439H, serta libur Lebaran 2018.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dan kapasitas Data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari.

Selain menaikkan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga telah memperluas cakupan jaringan, serta melakukan perbaikan jaringan lewat optimisasi dan pemusatan jaringannya ke lokasi-lokasi strategis seperti jalur mudik dan tempat tujuan wisata.

Command Center melalui Indosat Ooredoo Network Operations Center (INOC) juga turut memantau pergerakan penggunaan traffic Data pelanggan dari satu kota ke kota berikutnya serta melihat traffic Data dari penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan pelanggan di tempat wisata.

“Sudah menjadi prioritas kami untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, apalagi di masa-masa libur panjang Lebaran ini. Berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh tim, kami bersyukur pelanggan dapat menggunakan layanan kami dengan lancar dan nyaman,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Pada hari-H Lebaran 2018, peningkatan traffic untuk suara yang paling tinggi terjadi di Pulau Madura yang mencatatkan kenaikan 21,5%. Sementara untuk traffic Data peningkatan tertinggi terjadi di Provinsi Bengkulu dengan kenaikan sebesar 88,26%.

Kota Cianjur tercatat yang paling tinggi penggunaan layanan teleponnya saat Lebaran sebesar 109 ribu Erlang, dan Kota Magelang yang tercatat paling banyak menggunakan layanan Data sebesar 185 ribu GigaByte. Solo dan Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari daerah lain, terlebih dari Jabotabek, dimana tercatat tingkat kedatangannya sekitar 9% dibanding hari biasanya.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia