Ini 6 Seri iPhone dan iPad yang Gak Kebagian iOS 13
Telset — 13 May 2019 12:56

Ini 6 Seri iPhone dan iPad yang Gak Kebagian iOS 13

Apple kemungkinan besar bakal merilis secara resmi sistem operasi iOS 13 pada gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 3 Juni 2019. Akan tetapi, dirilisnya iOS 13 secara resmi tidak akan menjadi kabar gembira bagi pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone SE.

Penyebabnya, sistem operasi suksesor iOS 12 tersebut tidak lagi mendukung iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone SE.

Laporan iPhoneSoft menyebut, iOS 13 tidak akan tersedia untuk beberapa ponsel yang mendukung iOS 12. Selain ketiga smartphone tadi, perangkat lain yang tidak mendapat pembaruan iOS 13 adalah iPhone 5s, iPad Mini 2, dan iPad Air.

Dikutip Telset.id dari Digital Trends, Senin (13/05/2019), sebelumnya memang sempat beredar rumor bahwa iPhone SE hanya akan mendapat dukungan pembaruan sistem operasi OS hingga tiga tahun. Jika iOS 13 benar-benar tak mendukung, berarti kabar itu benar.

Terkait kehadiran sistem operasi ini, Apple kabarnya akan menghadirkan beberapa fitur andalan seperti Dark Mode, Mutitasking, Undo Gesture, Font Management, serta Volume HUD. Khusus untuk Dark Mode, fitur ini akan secara otomatis mengubah seluruh sistem di perangkat menjadi gelap.

Fitur tersebut juga bakal mendukung opsi High Contrast yang sebelumnya sudah hadir di perangkat macOS. Selain itu, aplikasi iPad yang berjalan di perangkat Mac menggunakan Marzipan akan mendukung native Dark Mode di iOS dan macOS.

Mengenai fitur Multitasking untuk iPad, pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Masing-masing aplikasi bisa ditempatkan di bagian tertentu dari layar sekaligus dapat dimatikan dengan cara drag aplikasi ke arah luar layar.

Hal baru lainnya adalah HUD dari volume yang dirancang ulang. Apple juga meningkatkan kemampuan Siri yang mampu menolak kesalahan umum ketika pengguna memberikan perintah suara “Hey Siri!”, seperti tangisan bayi, tawa, dan lainnya. (SN/FHP)

512
512