...
HP POPULER MINGGU INI

Makin Pintar, Dana Kini Bisa Kirim Uang dan Simpan ATM

Telset | 26 Mar 2019 06:32
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Makin Pintar, Dana Kini Bisa Kirim Uang dan Simpan ATM

Jakarta – Dana terus memperkuat kepabilitasnya sebagai salah satu dompet digital di Indonesia. Kini, bukan saja dapat digunakan untuk melakukan pembayaran digital, Dana juga memungkinkan pengguna untuk mengirim uang, menyimpan kartu debit dan kartu kredit, serta menunjang berbagai transaksi keuangan dan gaya hidup para pengguna melalui beragam fitur yang tersedia.

Diungkapkan CEO DANA, Vincent Iswara, sebagai infrastruktur pembayaran digital berplatform terbuka, Dana memiliki kemampuan dan manfaat untuk setiap pelaku usaha baik online maupun offline.

“Para pelaku usaha dapat lebih berkonsentrasi terhadap produknya dan pembayaran dapat dilakukan dengan debit rekening atau memanfaatkan kartu kredit cukup melalui Dana,” ungkapnya.

Adapun pengusaha offline yang dimaksud disini meliputi para pedagang di pasar tradisional, pengemudi jasa transportasi umum, pemilik toko individual hingga gerai-gerai yang memiliki ratusan cabang seperti Ramayana, KFC, Sour Sally, Gulu Gulu, Hoka-Hoka Bento, Wendy’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Bakmi GM, Domino’s, Rejuve, hingga Kopi Kulo dan Kopi Kenangan. Sementara pengusaha online adalah para pelaku bisnis e-commerce dan media sosial, atau startup individual.

Selain pengusaha (offline dan online) dan pengguna individual, dompet digital Dana juga berkolaborasi dengan institusi perbankan untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan sekaligus meningkatkan inklusi finansial secara luas. Melalui sinergi dengan Dana, bank-bank yang memiliki jumlah cabang terbatas tetap dapat meningkatkan jumlah pengguna layanannya karena baik pengguna maupun pengusaha memiliki opsi untuk menyimpan akunnya di Dana, ataupun mengirimkan uang ke rekening bank melalui Dana.

“Dana bukan pengganti bank, melainkan pelengkap transaksi pembayaran atau penggunaan layanan perbankan. Sebagai contoh, Dana mampu memfasilitasi transfer saldo dengan cepat dan mudah melalui layanan Kirim DANA dan Minta DANA, serta memungkinkan pengguna membayar dengan kartu debit atau kartu kredit yang sudah tersimpan di dompet digital Dana,” tambah Vincent.

Dari sisi pelaku usaha, transaksi menggunakan Dana juga dapat membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien. Ini karena pelaku usaha tak perlu lagi khawatir jika tidak memiliki uang pecahan untuk kembalian atau khawatir dengan risiko kehilangan uang. Dengan dompet digital Dana, transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp1 pun dapat terlayani.

Dalam hal ini, Dana yang memilih BRI sebagai mitra strategis berharap tidak hanya dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan lewat upayanya, tetapi juga semakin membuka peluang bagi para pelaku usaha konvensional untuk go-digital.

“Sinergi Dana dengan dunia usaha dan perbankan di Indonesia diharapkan makin meningkatkan antusiasme dan kepercayaan masyarakat dalam menerapkan budaya nontunai dan nonkartu,” pungkas Vincent.

Jaminan Keamanan Dana Isu klasik terkait jaminan keamanan transaksi juga tak dimungkiri turut membayangi perjalanan Dana sebagaimana insfrastruktur pembayaran digital.

Bagi perusahaan, keamanan adalah kunci dan prioritas utama, karena keamanan adalah dasar kepercayaan pengguna. Karenanya, mereka pun memastikan bahwa semua infrastruktur dompet digital Dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia, bahkan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard) yang wajib dimiliki oleh semua pihak yang menerima pembayaran kartu kredit.

Selain Bank Indonesia, upaya lain Dana untuk memastikan keamanan para pengguna juga dibuktikan dengan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan untuk proses verifikasi data pengguna dan validasi layanan.

Bagi Dana, kerja sama dengan Dukcapil berdampak signifikan dalam mempercepat layanan dan menghindari Dana dari upaya pemalsuan data. Sementara bagi pengguna Dana, kerja sama ini dapat menghindarkan mereka dari kemungkinan penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Secara teknis untuk mendukung transaksi nontunai dan nonkartu yang mudah, cepat, dan terjamin keamanannya, dompet digital Dana dilengkapi dengan teknologi Kode QR dinamis, pemindaian tercanggih, dan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses langsung kartu debit serta kartu kredit.

‘Ini merupakan terobosan baru di industri Teknologi Finansial yang dipelopori oleh Dana,” kata Vincent.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia