...
HP POPULER MINGGU INI

Setelah 7nm+, Chip 5nm Mulai Diproduksi

Selular | 14 Mei 2019 02:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Setelah 7nm+, Chip 5nm Mulai Diproduksi

Pabrik chipset smartphone Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) sudah memulai produksi chip 5nm dan bersiap untuk produksi massal pada paruh pertama tahun depan.

Proses ini menjanjikan chip yang lebih mungil (pengurangan area hingga 45%), serta peningkatan kinerja (hingga 15%) dibandingkan dengan chipset 7nm saat ini.

Sebelum 5nm, TSMC sudah menyiapkan proses 7nm+, chipset yang dijadwalkan keluar akhir tahun ini.

Dibandingkan 7nm, proses terbaru dengan tambahan “+” dikatakan menawarkan pengurangan konsumsi daya 6-12% dan kepadatan transistor 20% lebih tinggi.

Sudah ada pelanggan yang mengantri untuk chipset 7nm+. TSMC adalah pemasok chip tunggal Apple hingga 2020 dan iPhone model baru dijadwalkan meluncur akhir tahun ini.

Qualcomm kemungkinan akan memilih TSMC untuk Snapdragon premium baru karena menggunakan proses 7nm untuk 855.

Huawei juga seharusnya memperkenalkan Kirin baru dengan Mate 30 akhir tahun ini, tetapi mungkin tetap berpegang pada proses 7nm, bukan 7nm+.

Node proses selanjutnya dari TSMC adalah 5nm+, juga dalam pengerjaan. Chip akan memulai produksi pada Q1 tahun depan dan akan siap untuk produksi massal pada tahun 2021.

Dikatakan, 5nm+ akan meningkatkan kinerja dan jumlah daya, tetapi belum ada perkiraan resmi.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia