Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

77,15% Situs Belanja Online di Indonesia Diakses Melalui Mobile

Gizmologi | 31 Jan 2020 11:28
77,15% Situs Belanja Online di Indonesia Diakses Melalui Mobile

Indonesia semakin mengukuhkan diri sebagia negara mobile first. Salah satu contohnya adalah masyarakat Indonesia terbukti lebih gemar berbelanja online melalui mobile daripada desktop. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh situs diskon online CupoNation tentang situs belanja online di Indonesia sepanjang 2019.

Hasil studi tersebut mengungkap bahwa 77.15% dari jumlah pengunjung di tahun 2019 datang dari versi web mobile dan hanya 22.85% datang dari desktop. “Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop,” kata Olivia Putri, PR & Communications Manager CupoNation dalam siaran pers yang diterima Gizmologi.

Sebanyak 32 situs belanja online dipilih berdasarkan yang memiliki trafik bulanan tidak kurang dari 150,000 pengunjung dan terdaftar di Indonesian Ecommerce Association (IdEA). Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop dikumpulkan dari platform SimilarWeb untuk periode Januari – Desember 2019. Selanjutnya, mereka memilih 10 situs belanja online terpopuler, baik dari platform ecommerce lokal maupun Internasional. Sayangnya, CupoNation tidak menghitung akses melalui aplikasi untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif.

Menurut data CupoNation, situs belanja online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah trafik web mobile terbanyak adalah Orami, dimana 97.55 persen dari total pengunjung datang dari web mobile. Peringkat selanjutnya diduduki oleh Sophie Paris dengan trafik dari web mobile mencapai 97.43 persen dari total kunjungan.

10 Situs Belanja Online Teratas di Indonesia

 

Persaingan situs belanja online di Indonesia semakin ketat. Mereka terus melakukan berbagai cara untuk menarik penguna. Meski beberapa situs belanja online dari luar turut masuk dalam jajaran pasar ecommerce di Indonesia, namun berdasarkan data CupoNation yang diolah dari SimilarWeb, platform ecommerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di sepanjang tahun 2019.

Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia yakni dengan total pengunjung mencapai 1,2 miliar. Traffic ini terbagi dari 863.1 juta pengunjung dari web mobile dan 329.8 juta pengunjung dari desktop.

Peringkat kedua dikuasai Shopee dengan jumlah kunjungan mencapai 837.1 juta. Situs belanja yang beroperasi di level Asia Tenggara tersebut mengalahkan Bukalapak dengan 823.5 juta pengunjung.

Berikut adalah deretan 10 situs belanja online Indonesia yang diurut berdasarkan jumlah trafik terbesar di tahun 2019

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...