...
HP POPULER MINGGU INI

Ajak Anak Muda Kreatif Mencari Solusi di Era Big Data, Indosat Ooredoo Gelar HackData

Mobitekno | 24 Okt 2019 03:41
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Ajak Anak Muda Kreatif Mencari Solusi di Era Big Data, Indosat Ooredoo Gelar HackData

Indosat Ooredoo, provider jasa telekomunikasi dan jaringan di Indonesia resmi membuka pendaftaran HackData (23/10.2019), sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) di bisang Pendidikan.

HackData (Hackathon dan Datathon) akan menjadi ajang kompetisi untuk mendorong anak muda Indonesia dalam menciptakan solusi inovatif berbasis analisis data (data analytics) menggunakan data set dan API (Application Programming Interface) yang disediakan Indosat Ooredoo dari berbagai sumber.

Arief Musta’in, Director & Chief Innovation and Regulatory Officer Indosat Ooredoo menyatakan bahwa Indosat Ooredoo menyadari pentingnya data analysis di tengah tren Big Data yang menjadi dasar peningkatan produktivitas dan inovasi saat ini. Karena itu, pihaknya mengundang generasi muda Indonesia untuk menghadirkan solusi inovatif lewat HackData.

“Melalui program ini, kami juga mendorong munculnya data scientist lokal yang dibutuhkan untuk memajukan ekonomi digital Indonesia. Kami berharap HackData akan memunculkan aplikasi karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan aplikasi global,” ujar Arief dalam rilis yang diterima Mobitekno.

Peserta HackData akan memanfaatkan total 346 set data dari portal open data milik pemerintah daerah, yaitu sebanyak 122 set data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 214 set data Pemerintah Kota Bandung, serta 10 set data dan 19 API Indosat Ooredoo.

Pendaftaran HackData yang dibuka dari tanggal 23 Oktober hingga 6 November 2019 ini akan menerima peserta, baik perorangan atau tim (jumlah maksimal lima orang). Untuk infomasi lebih lanjut dan mekanisme pendaftaran, calon peserta dapat mengaksesnya via URL/alamat hackdata.indosatooredoo-innovation.com

Empat topik pilihan yang daopat ‘digarap’ peserta, yakni Pemerintahan Terbuka (Open Govenrment), Kesehatan (Health), Kota Cerdas (Smart City), dan Bisnis (Business). Sepuluh peserta dengan hasil penilaian proposal terbaik akan menjadi finalis dan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan aplikasinya di hadapan dewan juri pada bulan November mendatang.

Sebagai bagian dari Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp), program HackData ini bertujuan untuk mengajak para data scientist (bukan hanya developer) untuk bersama-sama memajukan ekonomi digital Indonesia, namun juga data scientist.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia