...
HP POPULER MINGGU INI

Awas! Bug iOS 13 Beri Akses Penuh ke Keyboard Pihak Ketiga

Telset | 24 Sep 2019 23:30
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Awas! Bug iOS 13 Beri Akses Penuh ke Keyboard Pihak Ketiga

Sistem operasi iOS memungkinkan pengguna untuk memasang keyboard pihak ketiga jika keyboard default tidak cukup baik atau fungsional. Namun, pengguna punya hak untuk memberikan izin atau tidak. Namun bug di iOS 13 telah merampas opsi itu dari pengguna.

Ada laporan, menurut Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Rabu (25/9/2019), bahwa telah ditemukan bug di iOS 13 yang memberikan akses penuh ke keyboard pihak ketiga.

Bahkan, akses tersebut tetap terbuka meski pengguna belum memberikan izin. Keberadaan bug itu terkuak berkat dokumen dukungan yang diunggah di situs resmi Apple. Perusahaan pun telah mengakui keberadaan masalah tersebut.

Apple menyatakan segera memperbaikinya dengan tambalan. Menurut Apple, ekstensi keyboard pihak ketiga di iOS dapat dirancang untuk berjalan sepenuhnya mandiri, tanpa akses ke layanan eksternal, atau dapat meminta akses penuh.

Tujuannyauntuk menyediakan fitur tambahan melalui akses jaringan. Apple telah menemukan bug di iOS 13 dan iPadOS yang dapat mengakibatkan ekstensi keyboard diberi akses penuh, bahkan jika pengguna sama sekali belum menyetujuinya.

Belum lama ini, seorang peneliti keamanan bernama Jose Rodriguez telah memposting video di YouTube. Isinya berupa eksploitasi bug iOS 13. Bug bekerja ketika pengguna melakukan panggilan FaceTime dan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver.

Kala melakukan panggilan FaceTime dan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver, pengguna iPhone bisa mengakses ke daftar kontak pemilik ponsel. Proses tersebut dapat memberi sang peretas daftar nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dan lainnya.

Lebih lanjut, Rodriguez mengaku telah mengirimi Apple sebuah video yang menunjukkan kerentanan itu pada 17 Juli 2019 lalu. Akan tetapi, ia menyatakan bahwa kerentanan tersebut ternyata masih muncul dalam versi Gold Master (GM) iOS 13. [SN/HBS]

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia