...
HP POPULER MINGGU INI

Bantah Blokir IndoXXI, Menkominfo: Saya Gak Pernah Tutup

Telset | 30 Jan 2020 01:38
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Bantah Blokir IndoXXI, Menkominfo: Saya Gak Pernah Tutup

Situs IndoXXI memang sudah tak beroperasi kembali. Banyak masyarakat mengira bahwa situs streaming ilegal tersebut telah diblokir oleh Kominfo. Akan tetapi, Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah blokir situs IndoXXI.

“Soal IndoXXI saya gak pernah tutup. Saya gak pernah tutup dan gak pernah blokir IndoXXI,” kata Johnny di Ecopark Ancol, Jakarta, pada Kamis (30/01/2020).

Menkominfo Johnny berdalih, situs IndoXXI secara sadar mengakhiri layanan mereka dengan sendirinya. Sehingga, informasi yang menyatakan kalau Kominfo yang blokir IndoXXI adalah berita hoaks atau salah.

“IndoXXI menutup dirinya sendiri karena kesadaran, karena bisnis ilegal gak ada tempat. Jadi jangan memberikan disinformasi karena disinformasi tidak bermanfaat,” tambahnya.

Namun demikian, pernyataan Johnyy bisa dibilang berbeda dengan sikapnya akhir tahun lalu. Di sebuah sesi wawancara, Menkominfo menegaskan bahwa pihaknya telah memblokir lebih dari 1000 situs film bajakan, seperti IndoXXI. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) pembuat film.

Kala itu, ia mengatakan kalau tindakan Kominfo merupakan komitmen pemerintah untuk melindungi HAKI para sineas Indonesia dan juga dunia. Apalagi, film merupakan bagian dari Hak Kekayaan Intelektual yang terlindungi oleh hukum.

“Negara kita ini sangat menghormati yang namanya kekayaan intelektual, tentu kita juga harus menghormati kekayaan intelektual bangsa lain,” tutur Johnny kepada Telset.id di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Di kesempatan lainnya, tepatnya pada Selasa (24/12), IndoXXI mengumumkan akan melakukan penutupan layanan mulai 1 Januari 2020. Alasannya sederhana, IndoXXI ingin mendukung industri film di Indonesia sehingga tidak ingin memberikan konten-konten yang ilegal kepada masyarakat.

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” tulis IndoXXI. (NM/MF)

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia