Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Begini Caranya Memotret Long Exposure Profesional Dengan Kamera Smartphone

gadgetsquad | 02 Feb 2020 14:02
Begini Caranya Memotret Long Exposure Profesional Dengan Kamera Smartphone

Saat ini keberadaan kamera pada smartphone sesuatu hal yang tidak dipisahkan, dimana kamera smartphone sangat memudahkan kita untuk mengabadikan moment dalam bentuk foto ataupun video. Seiring berkembangnya teknologi saat ini, beragam dari brand smartphone meluncurkan inovasi terbaru guna mencapai hasil yang terbaik.

Nah, untuk memenuhi hasrat dalam berfoto, bagi kamu pecinta fotografi saat ini cukup banyak smartphone yang memiliki kualitas foto yang tak kalah dengan kamera profesional. Dengan didukung teknologi terkini yang tersemat pada fitur kamera smartphone, tak heran hasil fotonya bisa sebagus kamera DSLR atau kamera mahal lainnya. Pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara memotret “Long Exposure” dengan kamera smartphone yang bisa kamu coba.

Memotret “ Long Exposure “ pada dasarnya adalah memotret dengan shutter speed yang lambat untuk memotret sesuatu yang bergerak. Biasanya, objek yang pas untuk memotret long exposure ini untuk memotret seperti langit yang bergerak, sungai yang bergerak, dan lampu kendaraan di jalanan dan sebagainya.

Sebelum lanjut, adapaun prihal yang harus diperhatikan untuk memotret “ Long Exposure “ dengan kamera smartphone sebagai berikut.

  • Tripod

Tripod sangatlah penting dalam fotografi memotret long exposure, karena pada saat proses memotret membutuhkan waktu yang lama sehingga posisi kamera diharuskan tetap stabil alias tidak shaking untuk hasil yang sempurna. Jika merasa berat membawa tripod karena ukurannya yang cukup memakan tempat, kamu juga bisa menggunakan tripod mini / gorilla pod yang saat ini banyak dijual di toko kamera online maupun offline.

  • Filter Lensa Kamera

Untuk mencapai hasil yang maksimal, kamu juga bisa menggunakan filter lensa kamera tambahan pada smartphone yang saat ini juga bisa dibeli di toko online. Salah satunya adalah NISI P1 Smartphone Filter, dengan aksesori ini ketika memotret long exposure akan membantu menurunkan pencayahaan yang berlebih sehingga hasil foto terlihat lebih baik.

  • Pastikan Fitur Kamera Smartphone Memiliki Mode Manual

Tidak perlu khawatir jika smartphone kamu belum mendukung fitur kamera mode manual, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu download secara gratis baik untuk pengguna android ataupun iPhone.

Setelah semua hal diatas sudah dipersiapkan, langkah berikutnya adalah memahami trik untuk memotret long exposure alias garis cahaya. Pertama-tama setelah setting tripod dan memasang filter kamera, atur shutter speed dan aperture. Pada tahap ini, shutter speed bisa kamu atur paling lambat hingga 30 detik atau dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan foto yang kamu inginkan. Dan perlu diperhatikan Aperture juga mengatur bukaan lensa untuk mengatur jumlah cahaya yang jatuh ke sensor.

Langkah selanjutnya, Atur juga ISO tinggi untuk mendapatkan cahaya yang cukup. Atur pada angka 1600 atau 3200 untuk tetap mendapatkan detail yang jelas. Tapi harus Ingat, semakin tinggi ISO yang digunakan bisa menambah noise pada hasil foto, jadi sebaiknya gunakan ISO seperlunya dan usahakan tidak shaking selama proses memotret.

Dan berikut ini adalah contoh hasil foto Long Exposure menggunakan kamera smartphone, dari seorang Mobile Photographer asal Jakarta yakni, Thomp. Karya-karyanya bisa kita jumpai juga di akun instagram dengan nama @thomp89_

Bagaimana, tertarik untuk membuatnya ? Itu tadi adalah beberapa langkah dasar sederhana yang bisa dilakukan untuk memotret long exposure dengan kamera smartphone. Jangan lupa terus berlatih untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat mencoba !

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...