...
HP POPULER MINGGU INI

Cara Amankan Google Play Agar Tidak Diakses Anak-anak

Review1st | 09 Mei 2019 17:10
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Cara Amankan Google Play Agar Tidak Diakses Anak-anak

Balita jaman now memang canggih, dari kecil mereka sudah pandai ngoprek HP milik orang tuanya, sehingga sebagai orang tua harus bisa mengamankan data yang ada di HP agar tidak bisa diakses oleh anak-anaknya, termasuk akses ke menu Google Play agar anak-anak tidak bisa dengan mudah mengakses aplikasi tanpa sepengatahuan orang tua.

Karena seperti kita tahu bahwa di Google Play ada begitu banyak aplikasi hiburan yang bisa digunakan oleh anak-anak, tanpa harus tahu isi aplikasi tersebut, anak-anak kadang langsung meng-klik aplikasi tersebut walau hanya melihat dari bentuk ikon aplikasinya yang menarik.

Namun begitu, pihak Google telah memprediksi hal ini. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, melalui fitur yang bernama Parental Control, para orang tua bisa mengatur konten Google PlayStore di HP Android mereka agar tidak mudah diakses anak-anak.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut ternyata cukup mudah, para orang tua hanya tinggal masuk ke halaman Google Play Store, lalu masuk ke menu Setting. Dari sana, cari menu Parental Control dan kemudian klik On.

Perubahan ini membutuhkan PIN, hal ini dimaksudkan agar anak-anak tidak bisa dengan mudah masuk ke menu ini dan merubahnya secara manual.

Cara Amankan Google Play Agar Tidak Diakses Anak-anak

Menu Parental Control pada Google PlayStore

Dari menu yang ada, para orang tua bisa menyetel agar game hanya bisa diakses untuk anak berumur mulai dari 3+, 7+, 12+, 16+, 18+. Jika yang dipilih adalah angka 12+, maka aplikasi atau game yang bisa diunduh di perangkat tersebut hanya untuk anak dengan usia 12 tahun ke bawah. Di atas usia tersebut, aplikasinya tidak akan muncul pada halaman pencarian.

Dengan demikian kini para orang tua tidak usah khawatir anak-anaknya bisa mengakses game yang berbahaya karena hadirnya fitur Parental Control ini.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia