Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Catat! 4 Cara untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Telset | 23 Jan 2020 03:35
Catat! 4 Cara untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Tidak seperti anak 90-an yang masih bermain permainan tradisional, anak-anak zaman sekarang tampak sudah “ketergantungan” dengan gadget mereka, seperti smartphone misalnya. Alhasil, para orang tua akan merasa khawatir anak mereka menjadi kecanduan gadget atau smartphone, meski memang mereka jugalah yang memberikan gadget kepada anak-anaknya.

Akan tetapi, jangan terlalu khawatir. Sebab, ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah anak kecanduan gadget atau smartphone.

Kuncinya hanya satu, yakni membuat anak memahami cara yang tepat untuk memanfaatkan penggunaan teknologi.

Nah, dalam tulisan kali ini, tim Telset.id akan membagikan cara untuk mencegah dan menghindari anak dari kecanduan gadget atau smartphone yang bisa diaplikasikan oleh para orang tua. Yuk simak!

Menjaga intensitas komunikasi sehari-hari

Komunikasi merupakan aspek penting dalam mengasuh anak. Orang tua perlu membangun kepercayaan agar anak merasa nyaman saat berada dengan kita para orang tua. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk mendidik anak, termasuk dalam hal penggunaan teknologi.

Ketika anak telah memiliki rasa kepercayaan, mereka akan memperlakukan orang tua sebagai penasihat yang mereka hormati.

Selain itu, para orang tua pun harus memiliki quality time bersama sang anak melalui pemakaian gadget, seperti memberikan tips saat mereka bermain game hingga memulai komunikasi dengan kontak yang dikenal. Hal ini sederhana tetapi ampuh untuk membuat orang tua menjadi lebih dekat dengan anak.

Membatasi penggunaan teknologi

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, tidak terkecuali dalam hal teknologi untuk anak. Meskipun kita memantau aktivitas online mereka, bukan berarti anak terhindar dari risiko kecanduan bermain gadget.

Ada banyak cara untuk membatasi penggunaan teknologi pada anak. Misalnya,  orang tua dapat membuat jadwal kapan sang anak dapat dengan bebas menggunakan gadget, seperti saat akhir pekan misalnya.

Orang tua juga bisa menggunakan strategi “reward” ketika sang anak mendapatkan nilai bagus atau saat mereka melakukan perbuatan baik. Tidak hanya mencegah anak dari kecanduan teknologi, tetapi kita juga dapat menggunakan tips berikut sebagai cara untuk membuat anak lebih patuh.

Melakukan aktivitas bersama

Ada banyak cara untuk mengajarkan anak tentang bagaimana memanfaatkan teknologi. Salah satu cara terbaik menurut kami, adalah dengan menggunakannya bersama.

Dengan melakukannya, kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir kalau penetrasi teknologi akan menjauhkan kita dengan anak. Sebab, orang tua masih terlibat dalam aktivitas digital sang anak.

Orang tua juga bakal membuat anak merasakan kehadiran kita bersama mereka. Hal ini, membuat anak-anak jauh lebih aman dan nyaman saat menggunakan teknologi.

Memanfaatkan aplikasi dan perangkat child-friendly

Menjadi orang tua di era digital sebenarnya merupakan sebuah keberuntungan. Sebab, sebagai orang tua, kita dapat memanfaatkan aplikasi maupun perangkat yang dapat membantu kita untuk mengontrol dan menjaga anak dengan mudah.

Dengan memilih aplikasi dan perangkat yang benar, orang tua bisa memanfaatkannya untuk mengajar dan melindungi anak dari kejahatan teknologi yang bisa digunakan dalam bentuk perangkat atau aplikasi.

Well, itu saja cara mencegah anak kecanduan gadget versi kami. Tips di atas akan membantu para orang tua untuk membimbing dan melindungi anak dari potensi berbahaya seperti kecanduan gadget yang dapat timbul dari transformasi digital. (HR/MF)

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...