Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Hands-on Samsung Galaxy A71: Smartphone Andal untuk Bermain Game

Gizmologi | 27 Jan 2020 13:40
Hands-on Samsung Galaxy A71: Smartphone Andal untuk Bermain Game

Berdasarkan riset Google yang berjudul “2019 Year in Search Indonesia”, 98,8% dari konsumen di Indonesia tercatat memanfaatkan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas live. Salah satunya dengan bermain game online yang memiliki presentase lebih dari sepertiganya. Inilah salah satu hal yang menjadi pemicu lahirnya Samsung Galaxy A71.

Produk tersebut dihadirkan Samsung pada awal tahun ini, bersamaan dengan saudaranya Galaxy A51. Dengan angka pada label yang lebih tinggi, tentu saja Samsung Galaxy A71 menyajikan spesifikasi yang lebih mumpuni, terutama untuk bermain game.

Meski ponsel ini tidak dirancang secara khusus untuk gaming, tetapi penggunaan secara umum, berbagai fitur di dalamnya mampu memperkaya pengalaman gaming. Di antaranya adalah layar yang luas untuk kepuasan visual, performa terbaik untuk proses bermain yang seamless, serta baterai tahan lama untuk berpacu adrenalin sepanjang hari.

Bahkan Samsung yang menjadi sponsor  Piala Presiden Esports 2020 menjadikan Galay A Series, termasuk Samsung Galaxy A71 sebagai smartphone resmi untuk kompetisi esport tersebut. Seperti apa saja yang ditawarkan pada ponsel ini? Saat jumpa pers yang digelar Samsung, saya sempat mencoba dalam waktu singkat ponsel ini. Simak review singkat pada hands-on Samsung Galaxy A71 berikut ini.

Desain

Tidak ada yang istimewa pada bagian desain. Tampilannya sama persis dengan Galaxy A51, hanya sedikit lebih besar karena memang perbedaan ukuran layar. Meski ukuran layarnya tergolong besar yakni 6,7″, tapi bodinya ketika digenggam terasa tidak terlalu besar. Ini karena ponsel ini memang sangat tipis, hanya 7,9 mm.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya Galaxy A70, ukurannya juga sedikit lebih ramping dengan ukuran layar yang sama. Terlebih jika dibandingkan dengan Galaxy Note9 yang terasa bongsor, padahal ukuran layarnya lebih kecil. Secara umum, ponsel ini cukup nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku celana.

Casing belakangnya terbuat dari plastik polycarbonate dengan motif diamond agar tidak monoton. Tapi tidak menambah kesan premium. Ada tiga varian warna yang bisa dipilih sesuai selera yaitu Prism Crush Black, Silver dan Blue.

Layar 

Samsung Galaxy A71 memiliki layar Infinity-O dengan ukuran 6,7 inci edge-to-edge yang telah disematkan teknologi Super AMOLED Plus, Ini adalah sebuah pengembangan teknologi yang membuat smartphone menjadi lebih tipis dan ringan dan dapat menghadirkan warna nyata dalam segala pengalaman visual.

Layar yang dihadirkan ini juga dapat memberikan pengalaman entertainment yang luas dan mendalam. Layar ini mendukung aktivitas pengguna, mulai dari bermain game online, menonton live streaming favorit, hingga multi-tasking. Untuk urusan layar, Samsun memang jagoannya.

Kamera

Samsung menghadirkan empat lensa kamera di Galaxy A71 dirancang untuk menangkap berbagai momen setiap hari. Baik saat pengambilan gambar secara dekat, tangkapan yang luas, hingga foto Bokeh dengan kesan dramatis.

Samsung Galaxy A71 memiliki kamera utama dengan sensor 64 MP F1.8 yang menyajikan kualitas gambar detail dan tajam. Selanjutnya, lensa Ultra-Wide 123° 12MP, kamera Makro 5MP (40mm), serta lensa Depth 5 MP.

Sensor 64MP Samsung GW1 ini sama dengan yang dihadirkan pada smartphone merek lain yang lebih dulu hadir yakni Realme XT, Realme X2 Pro, dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Menarik, karena Samsung justru menjual sensor kameranya ini lebih dulu ke kompetitor dibanding ke produknya sendiri.

Bedanya, baik realme maupun Xiaomi sangat menonjolkan kemampuan kamera 64MP ini. Sedangkan Samsung terkesan biasa saja. Bahkan untuk seri Galaxy A71 ini lebih ditonjolkan fitur gamingnya. Bagaimanapun, setiap produsen smartphone memiliki strateginya masing-masing.

Tapi menurut saya, keberadaan empat kamera ini terasa berlebihan dan lebih terkesan sebagai gimmick. Karena tidak menambah kinerja kamera secara keseluruhan. Di mana semua kemampuannya pun bisa saya lakukan dengan Galaxy Note9 yang hanya memiliki dua sensor kamera.

Kualitas kamera 64MP memang bagus, mampu menyajikan gambar dengan kualitas apik. Begitupun dengan lensa ultra wide yang menangkap gambar lebih luas. Sedangkan untuk lensa depth atau bokeh dan lensa makro kinerjanya biasa saja. Bahkan untuk makro, gambarnya masih terasa kurang tajam.

Hasil foto kamera Samsung Galaxy A71

Foto makro

Foto makro lego

Foto live focus

Fitur Game

Sebagai keluarga baru Galaxy A series sekaligus official smartphone di Piala Presiden Esports 2020, Samsung Galaxy A71 disebut telah melalui proses  uji performa dari pihak Garena. Dari segi experience, Galaxy A71 teruji memberikan in game experience yang sangat baik karena layar yang lebih besar. Sehingga memungkinkan bagi player untuk membesarkan beberapa tombol di HUD seperti jump, fire, atau juga move. Secara keseluruhan Samsung Galaxy A71 bekerja dengan baik saat bermain Free Fire.

Fitur paling penting di Samsung Galaxy A71 bagi para gamers adalah  AI Gaming Booster. Fitur AI Gaming Booster dapat menyesuaikan performa game yang sedang dimainkan. Baik pada penghematan daya baterai, kinerja performa gaming, atau berimbang antara keduanya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi yang sedang melakukan chatting dengan teman saat sedang bermain game, terdapat bar pop up yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan multi-tasking kebeberapa menu esensial lainnya seperti browser dan YouTube. Tidak kalah penting, terdapat setting untuk meminimalisir notifikasi atau gangguan yang menghambat proses bermain.

Selanjutnya, ponsel ini juga telah terintegrasi dengan Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan sesama gamers saat sedang bermain game tertentu. Selain itu Discord juga memberikan kemudahan melalui voice chat untuk berinteraksi tanpa menggangu proses bermain game.

Tak kalah penting, ponsel ini juga mendukung fitur screen recording. Bagi para kreator dengan konten gaming, ini sudah menjadi fitur wajib. Keberadaannya bisa menjadi salah satu fitur untuk memamerkan strategi gaming yang sedang dimainkan.  Pada screen recording ini terdapat pilihan mode camera dan mic, agar gamer dapat merekam dirinya sembari memberikan arahan strategi kepada followers setia. Keren.

Kinerja

Saya terus terang bukan gamers. Meski tadi sempat mencoba bermain FreeFire karena memang menjadi salah satu acara. Secara umum, kinerja Samsung Galay A71 sanggup memberikan pengalaman bermain game yang mulus. Saya jadi penasaran apakah mulus juga jika digunakan untuk mengedit video langsung dari ponsel. Tapi memang waktunya terbatas, tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Untuk mendukung performa tersebut, Samsung Galaxy A71 dibekali prosesor Snapdragon 730G dari Qualcomm. Snapdraon 730G memiliki beberapa fitur ekslusif yang mendukung pengalaman gaming pengguna, diantaranya adalah peningkatan grafis yang lebih tinggi hingga 15% dari pendahulunya. Peningkatan tersebut akan mempengaruhi kekayaan warna yang dihasilkan dan mampu menampilkan hingga 1 miliar warna. Prosesor ini juga dirancang untuk mengoptimalkan sinyal WiFi saat digunakan untuk berbagai kegiatan live. Salah satunya bermain game online yang tentunya berpengaruh pada lebih hemat daya penggunaan.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Samsung Galaxy A71 memiliki daya baterai tahan lama 4.500 mAh dengan Super-Fast Charging 25W. Pengguna tidak perlu mengkhawatirkan adanya daya habis di tengah keseruan bermain game atau aktivitas lainnya. Sudah pasti awet.

Harga Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 dibanderol dengan harga rekomendasi retail Rp. 6.099.000. Smartphone ini bisa dibeli melalui pre-order di sejumlah situs belanja online yang akan berlangsung dari tanggal 20–27 Januari 2020. Pelanggan yang tertarik bisa melakukan pemesanan dengan mengakses situs www.galaxyaseries.com. Samsung jkuga bekerja sama dengan sejumlah mitra e-commerce seperti Lazada, JD.ID, Blibli, Telesindo.com, Shopee, Tokopedia, Erafone.com, Bhinneka, dan Elevenia.

Pros
  • Layar Super AMOLED Plus
  • Memori dan Internal Storage besar
  • Baterai besar
  • Kamera 64MP menghasilkan foto bagus
  • Fitur AI Gaming Booser
  • NFC
 Cons
  • Desain membosankan
  • Kamera makro dan depth kurang powerful
  • Tidak tahan air
Like
Simpan
Bagikan
Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...