...
HP POPULER MINGGU INI

Huawei Siapkan Sistem Operasi Pengganti Android, Ini Namanya

Telset | 21 Mei 2019 21:07
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Huawei Siapkan Sistem Operasi Pengganti Android, Ini Namanya

Berhentinya dukungan Android untuk Huawei membuat banyak pihak bertanya-tanya, sistem operasi apa yang dipersiapkan Huawei untuk smartphone selanjutnya? Brand asal China ini langsung meresponnya, dengan mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan sistem operasi bernama Hongmeng.

Dilaporkan oleh Huawei Central, seperti dikutip Telset.id pada Rabu (22/05/2019), CEO Bisnis Konsumen Huawei, Yu Chengdong mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan sistem operasi Hongmeng paling lambat Juni 2020 mendatang.

Menurut Yu, Hongmeng akan kompatibel dengan semua smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Selain itu, Hongmeng juga kompatibel dengan semua aplikasi Android dan aplikasi web.

Mengembangkan sistem operasi sendiri sebenarnya sudah sejak lama dilakukan Huawei. Pada bulan Maret kemarin, CEO mereka, Richard Yu mengatakan bahwa perusahaan telah mengembangkan sistem operasinya sendiri jika keadaan dengan Amerika Serikat semakin memburuk.

Bahkan menurut sumber internal, perusahaan juga sedang dalam pengembangan aktif sejak 2012 untuk OS Hongmeng tersebut. Sebelumnya, smartphone Huawei terancam kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Android di masa mendatang. Penyebabnya, Alphabet sebagai induk perusahaan Google telah menghentikan kerja sama bisnisnya dengan Huawei.

Keputusan ini membuat perusahaan terancam tidak bisa memanfaatkan berbagai layanan, termasuk software, hardware dan sistem operasi, kecuali yang tersedia secara publik melalui lisensi open source.

Ditinggalkannya Huawei oleh Google ini menyusul keputusan Donald Trump yang menambahkan Huawei ke daftar hitam perdagangan. Keputusan ini membuat perusahaan asal China tersebut sangat sulit untuk melakukan bisnis dengan mitra asal Amerika. (NM/FHP)

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia