Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Jangan Sampai Data Dicuri, Ini Cara Mengatasi Spam SMS Chat-V

Gadgetren | 08 Feb 2020 16:00
Jangan Sampai Data Dicuri, Ini Cara Mengatasi Spam SMS Chat-V
Era sekarang ini, smartphone sudah menjadi salah satu perangkat yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari mulai dari komunikasi hingga perjalanan.

Dengan kata lain, mata kita hampir selalu menatap layar smartphone karena banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari membalas atau menerima SMS, menelepon, chatting, membuka media sosial, hingga belajar sekalipun.

Meskipun sudah menjadi salah satu perangkat utama, namun kita tidak boleh lengah dan harus berhati-hati terhadap kejahatan yang menyasar perangkat smartphone. Beberapa waktu lalu, telah muncul jenis penipuan baru berbentuk spam yang dikenal sebagai SMS Chat-V.

SMS dengan awalan Chat-V ini akan dikirimkan kepada pengguna smartphone yang berisikan tautan di dalamnya. Apabila kamu menekan tautan tersebut, maka aplikasi berbahaya akan diinstal pada smartphone yang digunakan.

Bahkan aplikasi berbahaya ini akan secara sembunyi atau diam-diam mencuri data penggunanya. Untuk mengatasi spam SMS Chat-V, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) telah memberikan tips sebagai berikut ini.

Waspada Terhadap SMS Yang Masuk

Apabila mendapatkan SMS dengan notifikasi dan tautan tidak dikenal, maka sebaiknya kamu mengabaikan dan menghapus SMS tersebut. Bahkan apabila nomornya terpercaya pun, kamu disarankan untuk tidak membuka tautan SMS karena bisa saja ini merupakan spam SMS dengan modus kejahatan yang lebih rapih.

Menggunakan Aplikasi Anti Malware atau Anti Virus

Jika kamu sudah terlanjur menekan tautan yang muncul dari SMS Chat-V, maka kamu sebaiknya memasang aplikasi anti virus maupun anti malware terpercaya dari Google Play Store untuk smartphone berbasis Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS.

Bagi kamu yang bingung dalam memilih mana aplikasi keamanan yang bagus untuk mengatasi masalah spam SMS Chat-V ini, maka kamu dapat mencoba aplikasi Malwarebytes yang telah disarankan oleh SAFEnet.

Nantinya malware atau virus yang terdeksi akan langsung dikarantina dan dihapus dari smartphone oleh aplikasi Malwarebytes.

Lakukan Factory Reset

Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik awal merupakan salah satu cara ampuh yang dapat digunakan apabila smartphone terkena masalah. Dalam hal ini berarti kamu sudah menekan tautan dari spam SMS Chat-V, namun tidak menginstal anti malware atau anti virus sama sekali.

Namun apabila kamu menggunakan Factory Reset, maka seluruh data yang ada di dalam smartphone akan hilang sepenuhnya. Untuk itu, kamu dapat menyalin atau backup semua data terlebih dahulu dari smartphone ke tempat penyimpanan cloud atau lainnya.

Bagi kamu yang menjadi korban SMS Chat-V atau pernah membuka tautan mencurigakan dari SMS yang tidak dikenal, maka sebaiknya kamu langsung mencoba salah satu cara di atas tersebut.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...