...
HP POPULER MINGGU INI

Jelang Single’s Day, Penelusuran Kata Kunci 11.11 Meningkat Tajam

DroidLime | 07 Nov 2019 17:30
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Jelang Single’s Day, Penelusuran Kata Kunci 11.11 Meningkat Tajam

Pesta belanja online “Single’s Day” atau 11.11 akan kembali digelar pada 11 November mendatang. Berawal dari tradisi perayaan hari jomblo di Cina setiap tanggal 11 November sebagai ajang perlawanan terhadap hari Valentine’s, kemudian di tahun 2009, Alibaba memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi platform e-commerce baru.

Hasilnya, Alibaba mampu menghasilkan perputaran uang ratusan triliun rupiah yang menjadikan beberapa pelaku e-commerce lain tergerak untuk berpartisipasi dalam festival Single’s Day selanjutnya. Kesuksesan Alibaba mampu membuat pesta belanja online ini rutin dirayakan di beberapa negara lain seperti Indonesia misalnya.

Nah! Situs CupoNation telah melakukan studi tentang perkembangan popularitas Single’s Day di Indonesia. Disebutkan, penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Indonesia terus meningkat pada dua tahun terakhir. Penelusuran kata kunci 11.11 via Google Seacrh Engine meningkat hingga 29% (2017) dan 456% (2018).

Peningkatan yang cukup tajam di tahun 2018 itu menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon serta promo yang ditawarkan pada Single’s Day semakin bertambah. Diprediksi, akan terus mengalami peningkatan pada tahun 2019.

Jika dilihat berdasarkan sumber wilayah mengenai penelusuran kata kunci 11.11 tertinggi, ada enam wilayah di Indonesia dimana masyarakatnya tercatat memiliki antusiasme besar dengan Single’s Day di tahun 2018. Wilayah dengan pemburu diskon dan savvy shopper terbanyak adalah Banten dan disusul Jawa Barat.

Berikut adalah deretan wilayah di Indonesia dengan masyarakatnya yang memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta belanja online Single’s Day, jika diurutkan adalah Banten, Jawa Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Berbeda dengan hasil volume penelusuran kata kunci 11.11 di tahun 2017, deretan wilayah di Indonesia dengan jumlah masyarakat yang menaruh atensi tinggi terhadap pesta belanja online Single’s Day adalah Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Jambi dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan hasil studi CupoNation, ada lima toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yakni Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli. Namun, studi menunjukkan bahwa e-commerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee, dan disusul Lazada.

Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3 pada pekan Single’s Day yang digelar pada tahun 2017. Berikut adalah lima toko online yang paling populer dan memiliki volume pencarian tertinggi pada Google saat pekan Single’s Day, yakni Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.

Pada tahun 2017, Lazada merupakan situs toko online yang paling mendominasi volume penelusuran Google saat pekan belanja online Single’s Day, dan disusul oleh beberapa situs e-commerce lain yang jika diurutkan adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.

Volume penelusuran kata kunci 11.11 diambil melalui Google Trends berdasarkan data yang tercatat pada periode 1 Januari 2016 – 31 Desember 2018. Data dari lima toko online terpopuler saat Single’s Day didapat dengan membandingkan situs toko online yang memiliki volume penelusuran tertinggi pada periode 1 – 14 November 2018.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia