Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Kamera 108MP, 48MP dan 40MP di Galaxy S20 Ultra, Bisa Apa?

Telset | 12 Feb 2020 07:58
Kamera 108MP, 48MP dan 40MP di Galaxy S20 Ultra, Bisa Apa?

Samsung Galaxy S20 Ultra memang sangat menggiurkan, terutama setelah melihat spesifikasi dan fitur kamera yang ditawarkan. Smartphone ini memiliki empat sensor kamera belakang dengan konfigurasi 108MP + 48MP telephoto + 12MP ultra Wide + Depth Vision Camera. Lalu kamera selfienya juga membawa lompatan baru bagi line up flasghip Samsung dengan sensor 40MP.

Kamera Galaxy S20 Ultra mengusung sensor 108MP dengan teknologi Pixel Bining 9-in-1 untuk menghasilkan foto 12MP. Sehingga kualitas foto 12MP yang dihasilkan memiliki kualitas yang jauh lebih baik ketimbang foto 12MP biasa.

Kualitas foto saat dikondisi low-light juga menjadi lebih baik berkat teknologi tersebut. Detail yang diabadikan juga tentunya lebih tinggi. Tak hanya itu, kamera 108MP yang disematkan di Samsung Galaxy S20 Ultra ini mampu merekam video hingga resolusi 8K.

Disokong dengan chipset Snapdragon 865/Exynos 990 untuk kemampuan tersebut, Samsung menjanjikan bahwa kualitas perekaman videonya akan menyaingi level pemfilman professional.

 

Bukan cuma menghasilkan video dengan kualitas gambar yang tinggi, tetapi kenyamanan pengguna untuk merekam video tanpa guncangan juga tak pernah luput dari perhatian Samsung.

Galaxy S20 Ultra sudah dilengkapi dengan teknologi stabilisasi gambar menggunakan OIS. Selain itu ada fitur Super Steady 2.0 yang kestabilannya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Samsung mengklaim tingkat kestabilannya seperti menggunakan rel kamera.

Lalu Galaxy S20 Ultra juga punya kamera periscope telephoto dengan sensor 48MP. Kamera ini diklaim mampu melakukan Zoom hingga 100x. Ini sangat menakjubkan dan bisa dibilang sebagai revolusi kamera telephoto pada smartphone. Lalu bagaimana ini bisa bekerja?

Samsung Galaxy S20 Ultra

Hal ini tentunya berkat hardware kamera telephoto perangkat Galaxy S20 Ultra. Ini menjadi smartphone pertama Samsung yang menggunakan lensa periskop. Dengan lensa bertumpuk mirip Oppo Reno 10X Zoom ini, smartphone tentunya bisa melakukan optical zoom dengan lebih baik.

Dengan teknologi lensa persicope ini, Galaxy S20 Ultra mampu melakukan hybrid optical Zoom hingga 10x dengan kualitas lossless. Lalu bagaimana dengan 100x Zoom? Masih ingat dengan kamera Huawei P30 Pro yang mampu melakukan Zoom hingga 50X? Teknologi yang sama digunakan pada Galaxy S20 Ultra.

Tapi bedanya, jika P30 Pro hanya menggunakan sensor 8MP untuk kebutuhan telephoto, Samsung menggunakan sensor yang jauh lebih besar yaitu 48MP dengan aperture F/3.5. Jadilah Samsung Galaxy S20 Ultra bisa melakukan Zoom hingga 100x.

Untuk kamera Ultra Wide, kini Galaxy S20 kembali dilengkapi dengan sensor 12MP dengan sudut pengambilan 120 derajat. Selain itu juga kamera Depth Vision untuk mengukur kedalaman ruang pada saat objek foto akan diambil. Tak banyak yang berubah untuk dua sensor ini jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

selfie camera Galaxy S20 Ultra

Yang meningkat signifikan justru ada pada kamera selfie. Jika di generasi sebelumnya Samsung menggunakan sensor 10MP, kini Galaxy menggunakan sensor 40MP dengan aperture F2.2.

Dengan teknologi Quad Pixel Bining, sensor 40MP tersebut akan menghasilkan foto 10MP yang jauh lebih baik. Sayangnya kami belum mengetahui apakah kamera ini juga mampu menghasilkan video lebih dari resolusi FullHD.

Beragam fitur-fitur yang ditawarkan pada kamera Galaxy S20 Ultra diantaranya yaitu HDR 10+ recording, mengambil gambar diam 33MP sambil merekam video 8K, Digital Zoom hingga 20X saat merekam video, Playback Zoom, dan banyak lagi.

Sementara untuk kemampuan fotografi, Hybrid Zoom 10X dan Super Resolution Zoom 100X jadi senjata pamungkas Galaxy S20 Ultra agar semakin tak tertandingi.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...