...
HP POPULER MINGGU INI

Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang Ulah Mafia Internasional?

Telset | 21 Jan 2020 01:22
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang Ulah Mafia Internasional?

Kasus pembobolan rekening Ilham Bintang menimbulkan banyak spekulasi. Muncul dugaan jika kasus ini terjadi akibat ulah mafia internasional yang melakukan kejahatan secara terstruktur.

Menurut analisa Executive Director ICT Institute Heru Sutadi, pelaku pembobolan rekening sepertinya berhasil mendapatkan data terkait nomor kartu ATM dan tanggal lahir pengguna. Heru menduga jika informasi tersebut didapatkan karena keamanan data yang lemah.

“Jika kemudian bisa dibobol, maka ada kebocoran data pengguna layanan perbankan, yang bisa terjadi di sisi bank itu sendiri, maupun data yang tersebar misal pernah ada yang minta ATM atau kredit card untuk pengurusan kartu kredit lain, atau metode lainnya,” kata Heru kepada Telset.id, Selasa (21/01/2020).

Setelah pelaku mengetahui data perbankan Ilham Bintang, maka langkah berikutnya menurut Heru adalah pelaku akan meminta agar dikirimkan One Time Password (OTP) ke nomor ponsel korban kepada pihak Bank. Demi mendapatkan nomor OTP maka pelaku diduga melakukan pergantian SIM Card milik wartawan senior tersebut.

“Pelaku sudah tahu nomor ponsel kita atas nama siapa. Sehingga akan mengurus SIM card baru yang digunakan untuk menangkap OTP yang dikirimkan perbankan ke ponsel,” tambah Heru.

Memang penggantian SIM card menjadi faktor yang terpisah, namun Heru menilai jika momen tersebut menjadi faktor yang menyebabkan rekening bank untuk mobile banking dan bahkan mobile payment bisa dibobol.

Terakhir Heru menduga jika pelaku dapat tidak bekerja sendiri. Menurut mantan anggota BRTI tersebut ada dugaan bahwa kasus yang menimpa Ilham Bintang melibatkan jaringan mafia internasional.

“Bahkan, karena melibatkan bank asing, bisa jadi ini merupakan mafia, yang patut diduga bukan saja mafia dalam negeri, tapi sudah melibatkan mafia internasional,” tutupnya.

Seperti diketahui, wartawan senior Ilham Bintang menjadi korban kejahatan. Melalui akun Facebook, Ilham mengaku jika rekening dan nomor ponselnya dibajak sehingga uangnya yang berada di rekening raib dibobol.

Dilansir Telset.id dari laman Facebook Ilham Bintang pada Senin (20/01/2020), kasus ini bermula pada Jumat (03/01/2020). Pada pukul 21.02 WIB seseorang datang ke Gerai Indosat Ooredoo di Bintaro Jaya XChange dan mengaku sebagai Ilham Bintang.

“Dia — entah siapa — mengaku Ilham Bintang, minta ganti simcard, nomer: 0816806656. Permintaan itu dipenuhi,” tulis Ilham.

Selanjutnya pada Sabtu (04/01/2020) di Bandara Sydney pada pukul 06.00 waktu setempat layar ponsel milik Ilham Bintang muncul tulisan “SOS”.

Tulisan ini cukup aneh karena Ilham telah 5 hari di Sydney dan sudah membeli paket Roaming sejak tanggal 30 Desember 2019. Setelah itu kejadian pembobolan terjadi [NM/HBS]

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia