Loading interface...
Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Selamat datang di InPonsel - Situs hp dan informasi seluler
InPonsel adalah situs hp dengan lebih dari 5.000 database handphone. Di InPonsel kamu dapat melakukan pencarian dengan mudah dari ratusan merek hp, mendapatkan informasi harga dan spesifikasi hp dengan rinci, membandingkan spesikasi dua hp, berlangganan berita sesuai topik, mencari alamat service center dan sejumlah informasi lainnya.
Facebook
Twitter
Instagram
InPonsel Ⓒ 2019

Mengapa Ukuran Layar Smartphone Terbaru Semakin Besar?

Gadgetren | 08 Nov 2019 15:00
Mengapa Ukuran Layar Smartphone Terbaru Semakin Besar?
Ketergantungan manusia akan smartphone tidak bisa dipungkiri lagi. Smartphone saat ini bukan hanya sekedar media komunikasi tetapi smartphone digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Seiring dengan berkembangnya berbagai kebutuhan manusia yang bergantung terhadap smartphone, berkembang juga desain smartphone yang ada di pasaran saat ini. Salah satunya adalah bertambah besarnya ukuran layar yang digunakan pada smartphone.

Dahulu tidak semua orang memiliki ponsel terlebih lagi bagi anak-anak sehingga memiliki sebuah ponsel merupakan kebutuhan untuk produktivitas dan tidak terlalu memikirkan ukuran layarnya. Yang terpenting adalah ponsel tersebut dapat digunakan untuk mengirim pesan dan menerima telepon.

Lalu muncul ponsel dengan layar berwarna. Ponsel ini dapat mengirimkan gambar-gambar atau yang sering disebut MMS Via GPRS. Setelah itu sepertinya perlu layar yang lebih besar agar gambar dapat terlihat lebih jelas.

Kemudian ponsel terus mengalami berbagai perkembangan salah satunya dengan layar yang terus diperbesar sampai tidak ada lagi tombol atau keypad fisik. Selain itu ponsel juga dilengkapi dengan kamera untuk kebutuhan dokumentasi.

Saat ini, semakin besar ukuran layar smartphone menandakan bahwa smartphone tersebut merupakan smartphone keluaran terbaru. Bahkan beberapa produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan desain smartphone dengan layar penuh.

Para produsen berinovasi sebisa mungkin untuk menciptakan smartphone dengan layar lebar tanpa diganggu notch atau poni. Notch atau poni awalnya diciptakan agar ukuran bezel pada atas layar dibuat setipis mungkin namun tetap dapat menaruh kamera dan sensor lainnya.

Salah satu contoh smartphone terbaru yang mengusung layar penuh tanpa notch adalah OPPO Reno2 F. Smartphone ini mengusung desain kamera selfie pop-up berbentuk kotak yang tidak konvensional dengan ukuran layar AMOLED 6,55 inci beresolusi Full HD+ dan rasio screen-to-body mencapai 93,1 persen.

Bahkan iPhone yang memiliki segmen pasar sendiri juga tidak mau ketinggalan seperti smartphone lainnya yang mengusung layar besar. Dalam merilis produk terbarunya, iPhone selalu mengeluarkan dua versi seperti iPhone biasa dan iPhone Plus.

Lantas apa yang menjadikan para produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan desain smartphone dengan ukuran layar yang besar? Jawabannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Para pengguna smartphone saat ini lebih menyukai konten-konten multimedia. Dengan ukuran layar yang besar, para pengguna akan lebih nyaman dalam bermain game, membaca artikel, menonton film dan lain-lain

Ukuran layar yang besar akan membuat pengguna lebih puas saat menonton film atau streaming YouTube. Video yang terlihat akan lebih jelas jika menggunakan smartphone dengan ukuran layar yang besar.

Smartphone dengan ukuran layar yang besar juga akan lebih nyaman digunakan untuk berbagai bacaan. Pengguna akan lebih nyaman membaca ebook, email, artikel, status media sosial dan lain sebagainya dengan ukuran layar smartphone yang lebih besar.

Tidak hanya itu, bagi anda memiliki gangguan pada penglihatan baik rabun jauh atau rabun dekat, dengan ukuran layar yang lebih besar tentu akan sangat membantu dalam mengoperasikan smartphone.

Ukuran layar yang lebih besar juga akan memperbesar font di layar smartphone sehingga bagi para pengguna yang memiliki gangguan penglihatan akan tetap nyaman menggunakan smartphone.

Jika untuk bermain game, smartphone dengan ukuran layar yang besar lebih nyaman digunakan karena pengguna akan lebih leluasa dengan ukuran layar yang besar. Smartphone dengan ukuran layar yang kecil akan lebih sulit dalam mengontrol karakter yang dimainkan saat bermain game.

Sedangkan bagi para pengguna yang memiliki ukuran jari yang besar, ukuran layar smartphone yang besar akan memudahkan mereka dalam mengetik. Walaupun saat ini layar sentuh smartphone tipe resistif yang berarti dia harus sedikit ditekan untuk mengenali titik mana yang disentuh, tetapi bagi mereka yang memiliki jari besar pasti kesulitan untuk menekan satu titik dengan akurat.

Semakin bertambah besarnya layar smartphone keluaran terbaru merupakan salah satu contoh dari perkembangan smartphone dalam memenuhi keinginan pasar. Namun dalam perkembangan ini ternyata beberapa pengguna tidak menyukai smartphone dengan ukuran layar yang besar.

Hal ini dikarenakan smartphone dengan ukuran layar yang besar dinilai tidak praktis. Smartphone dengan ukuran layar yang besar mengharuskan penggunanya mengoperasikan menggunakan dua tangan sehingga pengguna harus memberikan fokus penuh pada layar saat mengoperasikan smartphone-nya.

Meskipun begitu, secara visual smartphone dengan ukuran layar yang besar memang lebih menguntungkan penggunanya.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Pengunjung lain lanjut baca ini


Pengunjung lain lanjut baca ini

Populer saat ini


HP TERBARU

Loading interface...