...
HP POPULER MINGGU INI

Menkominfo Imbau Warganet Tidak Sebarkan Hoaks terkait Virus Corona

Trendtech | 28 Jan 2020 21:23
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Menkominfo Imbau Warganet Tidak Sebarkan Hoaks terkait Virus Corona

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk secara cerdas menggunakan intrumen-instrumen digitalnya, serta perangkat media sosialnya dalam memilah dan memilih informasi sebelum itu diteruskan.

“Kami melalui Drone Kominfo telah memonitor adanya penyebaran hoaks dan disinformasi terkait dengan Virus Corona ini,” tegasnya saat memberikan pernyataan di depan pekerja media dalam acara Konferensi Pers yang digelar di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Menteri Johnny juga meminta masyarakat untuk tidak dikaitkan masalah Virus Corona dengan masalah-maslah lain yang berdampak luas dan negatif terhadap negara, baik dari sektor ekonomi kita maupun sektor lainnya. “Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya yang hanya disampaikan oleh institusi resmi.

Pemerintah, lanjutnya, telah melakukan langkah-langkah konsolidasi dan terintegerasi untuk mencegah jangan sampai virus ini masuk ke wilayah tanah air kita. “Ada dua langkah penanganan pemerintah dalam melakukan langkah konsolidasi dan koordinasi dalam rangka mencegah Novel Corona Virus ini. Pertama, berkaitan dengan wilayah terdampak di Provinsi Hubei, China, dan saat ini sedang dilakukan langkah-langkah pemerintah. Yang kedua, di wilayah yuridiksi nasional kita terkait dengan pencegahannya,” jelas Menteri Kominfo.

Menteri Johnny juga menyampaikan bahwa memang sampai saat ini belum ada penyebaran Virus Corona di Indonesia. Dalam rangka itu, pihak pemerintah mengambil beberapa langkah cara diseminasi informasi. “Yang pertama tentu terkait dengan gejala-gejala klimis yang akan disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. Penangan penyebaran Virus terhadap masyarakat maupun petugas-petugas medisnya. Yang ketiga, tentu langkah-langkah pemerintah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menteri Kominfo berharap agar masyarakat mengacu kepada intitusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini. “Salah menangani, dampaknya sangat luas,” tandasnya.

Selain Menteri Kominfo, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, memimpin rapat koordinasi tingkat menteri yang membahas kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran virus corona, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia