...
HP POPULER MINGGU INI

Pemadaman Listrik Berdampak Nasional ke 2 Jaringan Operator

Selular | 15 Agt 2019 19:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Pemadaman Listrik Berdampak Nasional ke 2 Jaringan Operator

Pemadaman listrik di Jakarta ternyata berdampak secara nasional ke jaringan dua operator telekomunikasi.

Seperti diketahui, wilayah Jakarta dan Jawa Barat mengalami pemadaman listrik yang menyeluruh pada Minggu 4 Agustus 2019. Namun, efek yang ditimbulkan pada layanan selukar tidak hanya terbatas kepada area tersebut, tetapi menyebar ke seluruh Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Dari pengamatan Opensignal, pengguna seluruh jaringan selular di area tersebut terpengaruh oleh pemadaman listrik selama 12-jam lamanya.

Namun, hanya para pengguna Smartfren, Telkomsel dan XL yang mengalami kehilangan sinyal dan hanya mereka yang berada di area di mana terjadi pemadaman listrik, sementara pemadaman listrik berdampak secara nasional kepada para pengguna Indosat dan 3.

Berdasarkan analisis Opensignal, jaringan 4G Smartfren adalah yang tercepat dalam pemulihan sepenuhannya, ketersediaan 4G dipulihkan setelah 11 jam.

Selama pemadaman listrik, para pengguna 3 dan Indosat 4G di Jakarta melihat ketersediaan 4G mereka turun hingga kurang dari 20%

Saat pemadaman listrik terjadi, para pelanggan selular di lintas lima operator mobile mengalami penurunan Ketersediaan 4G. Meskipun begitu, para pengguna Indosat dan 3 turun secara dramatis hingga di bawah 20% pada waktu awal pemadaman listrik,

Sementara pelanggan Smartfren, Telkomsel dan XL kami melihat penurunan secara gradual dan terbatas.

Pelanggan 3 di Jakarta mengalami dampak yang terbesar, dengan penurunan Ketersediaan 4G mereka dari rerata 90,4% menjadi 12,9% pada pukul 13.00.

Pelanggan Telkomsel dan XL memiliki pengalaman yang serupa dengan ketersediaan 4G yang menyentuh titik terendah sekitar 50%, empat hingga lima jam setelah mulainya pemadaman listrik.

Pelanggan Smartfren melihat dampak yang kecil dan dapat tersambungkan ke jaringan 4G paling tidak 73% dalam kurun waktu selama pemadaman listrik.

Dari laporan Opensignal dan dari pengalaman pengguna, jelas, pemadaman listrik berdampak besar. Namun karena kebanyakan jaringan memiliki cadangan listrik darurat, beberapa operator bisa mengatasinya relatif cepat daripada operator lainnya.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia