...
HP POPULER MINGGU INI

Peringatan untuk YouTuber, Phiser Selalu Mengincar Akun Anda

Mobitekno | 11 Mei 2019 22:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Peringatan untuk YouTuber, Phiser Selalu Mengincar Akun Anda

Membuat video kemudian meletakkannya di akun YouTube Anda, dan hasilnya cukup viral, tentunya menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Apalagi jika subscriber terus beranjak naik. Namun, belum lama ini Kaspersky, sebuah perusahaan keamanan asal Rusia baru saja memperingatkan para YouTuber.

Jika sebuh akun YouTube sudah memiliki lebih dari 1.000 subscriber, biasanya akan ada tawaran untuk memonetisasi konten yang ada. Namun, jangan bersenng dahulu karena menurut Kaspersky, pesan tersebut kini ada yang berasal dari Phiser, yang dapat menipu Anda dengaan notifikasi palsu.

Saat ini, saluran yang didukung dengan iklan harus memenuhi beberapa kriteria, termasuk setidaknya memiliki 1.000 pengikut dan 4.000 jam keseluruhan waktu tonton dalam 12 bulan terakhir. Tidak heran sebagian besar pengguna YouTube menganggap pemberitahuan mengenai ulasan akun secara menyeluruh adalah asli.

Seperti apa sebenarnya scam YouTube yang terjadi kali ini?

“Tim kami telah meninjau saluran Anda. Kami mendeteksi lebih dari satu pelanggaran dalam proses peninjauan akun Anda,” ungkap teks di bawah logo YouTube resmi, yang juga mencatat bahwa perusahaan mengontrol semua saluran YouTube secara manual. Oleh karena itu, mereka akan meminta Anda untuk mengisi data dan mengirimnya kembali melalui e-mail.

Informasi yang diminta para phisher mencakup URL saluran dan kata sandi Anda. Menurut YouTuber yang terkena dampak, pemberitahuan palsu datang ke e-mail publik mereka, bukan ke alamat yang digunakan untuk menautkan ke saluran YouTube (jika e-mailnya berbeda).

Segera setelah phisher mendapatkan data, mereka akan mencoba mengambil alih akun Anda. Untuk apa? Mereka dapat melakukan penipuan kepada para pengikut (dan bukan hanya Anda) dengan menjalankan iklan phishing atas nama Anda, mempromosikan hadiah palsu, mengumumkan kontes berhadiah, dan beberapa skenario lainnya. Kemungkinannya bahkan tidak terbatas.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia