Loading interface...
Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Baru Rilis di Indonesia
Loading interface...
Selamat datang di InPonsel - Situs hp dan informasi seluler
InPonsel adalah situs hp dengan lebih dari 5.000 database handphone. Di InPonsel kamu dapat melakukan pencarian dengan mudah dari ratusan merek hp, mendapatkan informasi harga dan spesifikasi hp dengan rinci, membandingkan spesikasi dua hp, berlangganan berita sesuai topik, mencari alamat service center dan sejumlah informasi lainnya.
Facebook
Twitter
Instagram
InPonsel Ⓒ 2019

Review OPPO Reno2 F – Smartphone Quad Camera 48MP yang Bertenaga

Gadgetren | 08 Nov 2019 16:00
Review OPPO Reno2 F – Smartphone Quad Camera 48MP yang Bertenaga

OPPO Reno2 F secara resmi telah hadir di Indonesia dengan membawa fitur utama berupa empat kamera belakang yang mempunyai kamera utama 48 MP.

Sebagai seri Reno generasi kedua, smartphone ini dibekali juga dengan desain dan spesifikasi hardware yang menarik. RAM 8 GB dan storage internal 128 GB pun telah hadir di dalamnya untuk menunjang kebutuhan masa kini.

Baterai berkapasitas 4.000mAh dan fitur VOOC Flash Charge 3.0 pun telah disematkan pada perangkat ini agar mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Dengan fitur dan desain yang ditawarkannya, apakah OPPO Reno2 F ini mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lain yang semakin kompetitif?

Desain dan Layar

Bagian belakangnya Reno2 F ini dilapisi dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 sehingga membuatnya terlihat menarik. Sebagai catatan, unit review yang saya coba memiliki warna Putih Angkasa atau Sky White yang akan memantulkan kombinasi warna putih dan biru ketika dilihat dari berbagai sudut.

Pada bodi belakangnya pun terdapat lengkungan tiga dimensi di bagian kiri dan kanannya sehingga memudahkan saya untuk menggenggamnya dengan satu tangan. Meskipun desain bodi belakangnya menarik, namun noda sidik jari dan debu mudah menempel.

OPPO Reno2 F Belakang

Untuk itu, kamu sebaiknya langsung menggunakan casing tambahan untuk melindungi bodi belakangnya dari goresan maupun kotoran yang tertempel. Masih di bagian belakangnya, terdapat empat kamera belakang dengan kamera utamanya yang beresolusi hingga 48 MP.

Berlanjut ke bagian bawahnya, terdapat port jack audio 3,5mm, USB Type-C, dan speaker. Sementara pada bagian kanannya terdapat slot kartu (SIM + microSD) dan tombol power. Untuk tombol volume terdapat pada bagian kirinya.

OPPO Reno2 F Setengah Layar

OPPO Reno2 F ini mempunyai layar yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa poni atau punch hole dengan aspek layar ke bodi mencapai 91,1%. Hal ini bisa berkat digunakannya desain Pop-Up Camera yang memungkinkan kamera depan berada di bagian dalam.

Layarnya memiliki bentang 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), dan teknologi AMOLED yang nyaman dipandang oleh mata. Untuk meminimalisir terjadinya goresan, kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 telah disematkan di atas layarnya.

Berkat tidak hadirnya poni atau punch hole, saya dapat lebih leluasa memainkan game maupun menonton video. Layar smartphone ini juga dibekali dengan fitur Night Shield yang dapat meminimalisir radiasi sinar biru dari layar sehingga mata lebih terlindungi.

Kamera

OPPO Reno2 F Quad Cam

Mengikuti tren saat ini, OPPO Reno2 F dibekali dengan Quad Camera atau empat kamera belakang sekaligus yang terdiri dari kamera utama 48 MP (apertur f/1.7), kamera ultrawide 8 MP (apertur f/2.2), kamera portrait 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera monokromatik 2 MP (apertur f/2.4).

Kamera utamanya memiliki sensor ISOCELL GM1 yang mampu menghasilkan foto hingga resolusi 48 MP. Namun berkat penggunaan fitur 4-in-1 Pixel Binning membuat kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP yang kaya informasi dan mampu menyerap banyak cahaya.

Sementara kamera ultrawide belakangnya mampu menghasilkan foto dengan area yang luas hingga sudut 119 derajat yang cocok untuk mengabadikan momen pemandangan alam maupun perkotaan dengan mudah dibandingkan menggunakan mode Panorama.

Selanjutnya, kombinasi kamera utama dan portrait smartphone ini mampu menghasilkan foto bokeh (latar buram) dengan instan. Terakhir, kamera monokromatiknya dapat menghasilkan foto hitam putih dengan baik yang dapat diaktifkan dengan mengakses mode Portrait O6.

Fitur Dazzle Color dan Ultra Night Mode pun telah disematkan pada aplikasi kamera bawaan Reno2 F. Seperti biasa, Dazzle Color dapat meningkatkan kepekatan warna dan kecerahan pada hasil foto yang diambil.

Sedangkan fitur Ultra Night Mode mampu menghasilkan foto malam hari yang lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode. Fitur ini juga mampu mengisolasi pendaran cahaya sehingga cahaya yang keluar dari lampu tidak berlebihan.

Untuk memanjakan penggunanya dalam berfoto selfie atau wefie, OPPO pun telah menyematkan kamera depan beresolusi 16 MP dengan apertur f/2.0 dan AI Beauty.

Berikut ini merupakan hasil foto dari kamera belakang dan kamera depan OPPO Reno2 F. (sentuh setiap foto untuk melihat resolusi aslinya)

Kamera belakang

Reno2F-Canvas-NormalNormal

Reno2F-Canvas-48MP48 MP

Reno2F-Totoro-NormalNormal

Reno2F-Totoro-48MP48 MP

Reno2F-Batang-48MP

Reno2F-Buah-Normal

Reno2F-Buah-DazzleColor

Reno2F-Bunga-Normal

Kamera depan

Reno2F-Selfie-Normal

Performa

OPPO Reno2 F Pinggir kanan

OPPO Reno2 F ini hadir dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-Core berteknologi proses 12nm yang dikombinasi dengan RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Dengan kombinasi ini, OPPO mengklaim bahwa smartphone ini mampu menghadirkan performa yang bertenaga dalam menjalankan game maupun aplikasi.

Untuk itulah, saya langsung menjalankan aplikasi yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari mulai dari telepon, SMS, editor dokumen, SMS, jejaring sosial,video, lagu, dan game. Hasilnya semua aplikasi dapat berjalan secara multitasking dengan mulus tanpa lag. Hal ini bisa terjadi karena dukungan RAM berkapasitas besar ditambah chipset yang cepat.

Beralih ke pengujian yang lebih berat, saya pun memainkan beragam game populer di Indonesia mulai dari Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

OPPO Reno2 F Benchmark

Asiknya, OPPO Reno2 F mampu menjalankan semua game dengan grafis dan frame rate yang tinggi secara lancar. Tak lupa, saya pun melakukan pengujian benchmark dengan menggunakan aplikasi AnTuTu v7.2.3 dan Geekbench 4.

OPPO Reno2 F berhasil mendapatkan skor AnTuTu sebesar 148.861 poin. Pada pengujian menggunakan Geekbench, OPPO Reno2 F mendapatkan skor 1.510 poin untuk Single-Core dan 5.832 poin untuk Multi-Core. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa OPPO Reno2 F memiliki performa yang mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Baterai

OPPO Reno2 F Bawah

OPPO mempercayakan baterai berkapasitas 4.000mAh sebagai sumber energi kehidupan dari Reno2 F. Pihak OPPO sendiri mengklaim bahwa baterai ini dapat bertahan lama dalam pemakaian normal.

Untuk itu, saya langsung melakukan benchmark baterai dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android. Pada pengujian dengan aplikasi tersebut, saya menggunakan mode Work 2.0 Battery pada tingkat kecerahan layar sebesar 50% dan kondisi baterai yang dimulai dari 100%.

Mode Work 2.0 Battery ini sendiri akan melakukan simulasi pemakaian sehari-hari pada smartphone. Hasilnya, OPPO Reno2 F mendapatkan skor 11 jam 16 menit yang membuktikan bahwa smartphone ini punya daya tahan baterai yang cukup lama.

Sementara dalam pemakaian sehari-hari, perangkat ini bisa tembuh hingga 15 jam 20 menit dengan Screen on Time mencapai 8 jam 58 menit. Tentu saja hasil ini membuktikan bahwa OPPO Reno2 F dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari hanya dalam sekali cas setiap harinya.

OPPO Reno2 F Baterai

Tak lupa, fitur VOOC Flash Charge 3.0 telah dibenamkan pada produk ini yang diklaim oleh pihak OPPO mampu mengisi daya baterai dengan cepat dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 80 menit saja.

Pada kenyataannya, saya dapat mengisi daya baterai smartphone ini dari kondisi 5% ke 100% dilakukan dalam waktu 89 menit. Bisa dibilang hasil nyata pengisian daya baterainya hampir mendekati klaim OPPO.

Face Unlock dan In-Display Fingerprint

OPPO Reno2 F Fingerprint

Berkat digunakan teknologi layar AMOLED, OPPO dapat menyematkan sensor fingerprint berada di dalam layarnya. Meskipun berada di dalam layar, namun sensor ini mampu merespon sidik jari saya dengan cepat.

Smartphone ini sendiri mengizinkan hingga lima sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensor in-display fingerprint ini. Selanjutnya, fitur Face Unlock juga telah dihadirkan pada perangkat ini yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci layar hanya menggunakan wajah.

Pada saat saya mencobanya, fitur ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat di kondisi cukup maupun minim cahaya. Apabila sedang minim cahaya maka tingkat kecerahan layarnya akan naik secara otomatis sehingga kamera dapat mendeteksi wajah saya dengan baik.

Nantinya kamera depan smartphone ini akan keluar dari dalam ke bagian atas apabila mendeteksi bahwa fitur Face Unlock sedang bekerja. OPPO Reno2 F hanya mengizinkan satu wajah untuk didafarkan pada fitur ini.

Selain untuk membuka kunci, sensor fingerprint dan Face Unlock ini dapat dimanfaatkan untuk membuka aplikasi yang telah terkunci menggunakan sistem keamanan bawaan dari OPPO Reno2 F.

ColorOS 6.1

OPPO Reno2 F ColorOS

Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2019, OPPO Reno2 F ini telah dibekali dengan ColorOS 6.1 berbasiskan sistem operasi Android 9.0 Pie. ColorOS ini mempunyai tampilan antarmuka yang lebih simpel dan bersih dibandingkan generasi sebelumnya sehingga membuat saya dapat dengan mudah dan cepat ketika mencari menu, mengakses aplikasi, maupun melakukan navigasi.

ColorOS 6.1 ini mempunyai dua tampilan home screen, yakni dengan Drawer dan tanpa Drawer. Namun secara bawaannya, OPPO Reno2 F akan langsung menggunakan tampilan tanpa Drawer sehingga aplikasi yang terinstal langsung muncul di home screen.

Bagi kamu yang menyukai tampilan home screen dengan Drawer maka dapat mengubahnya langsung di menu Settings. Selain itu, ColorOS 6.1 ini mempunyai beragam fitur menarik yang saya sering gunakan untuk aktivitas sehari-hari mulai dari screenshot dengan 3 jari, App Split-screen, App Cloner, Game Space, dan Smart Assistant.

Pada OPPO Reno2 F ini saya dapat melakukan screenshot secara cepat dengan hanya cukup mengusap atau swipe 3 jari dari layar atas ke bawah. Selanjutnya, fitur App Split-screen memungkinkan saya untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar smartphone sehingga memudahkan saya ketika harus mengetik sembari mencari informasi, misalnya membuka browser sambil membuka aplikasi editor dokumen.

Tak ketinggalan, App Cloner memungkinkan saya menggandakan aplikasi pada OPPO Reno 2F sehingga dapat memasukkan dua akun sekaligus pada aplikasi jejaring sosial maupun game.

Sementara Game Space merupakan folder untuk mengelompokkan game atau aplikasi dalam satu tempat. Pada saat saya menjalankan game atau aplikasi yang telah masuk di Game Space, maka fitur Game Boost 2.0 beserta Frame Boost dan Touch Boost akan aktif untuk meningkatkan performa dari OPPO Reno2 F.

Terakhir, Smart Assistant dapat memberikan informasi penting pada saya mengenai lokasi, suhu cuaca, jadwal kalender, langkah kaki, pintasan aplikasi, foto, kontak favorit, menu pencarian, dan masih banyak lagi yang bisa diatur sesuai keinginan.

Kesimpulan

Saya merasa puas dalam menggunakan OPPO Reno2 F untuk memunjang aktivitas sehari-hari selama beberapa minggu ini, terutama pada sektor kamera yang dapat membuat saya berkreasi dalam menghasilkan foto-foto yang bagus.

Pada sisi performanya, OPPO Reno2 F ini mampu menjalankan aplikasi atau game dengan lancar berkat kombinasi MediaTek Helio P70 dan RAM 8 GB. Selain itu, fitur Game Boost 2.0 dapat meningkatkan performa smartphone, menstabilkan frame rate, dan membuat respon sentuhan jari menjadi cepat ketika game dijalankan.

Layar AMOLED dari OPPO Reno2 F dengan desain penuh membuat saya merasa lebih leluasa ketika memainkan game atau melihat video. Sementara sensor fingerprint dan Face Unlock yang hadir pada perangkat ini mampu membuat saya membuka kunci layar dengan cepat tanpa perlu memasukkan password atau pattern.

Meskipun bodinya mempunyai desain yang menarik, namun noda sidik jari atau debu mudah menempel. Untuk mengatasinya, kamu dapat langsung menggunakan casing tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya.

Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan pada OPPO Reno2 F, namun dapat terbayar dengan hadirnya performa cepat, kamera multifungsi, dan fitur yang cukup lengkap. Dengan kata lain, OPPO Reno2 F bisa menjadi salah satu smartphone pilihan di harga Rp 5.399.000.

Kelebihan

  • Performa bertenaga
  • Hasil kamera depan dan belakang bagus
  • Sensor fingerprint dan Face Unlock cepat
  • Baterai tahan lama
  • Pengisian daya baterai cepat

Kekurangan

  • Debu dan noda sidik jari mudah menempel
  • Tidak Ada NFC
Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Pengunjung lain lanjut baca ini


Pengunjung lain lanjut baca ini

Populer saat ini


HP TERBARU

Loading interface...