...
HP POPULER MINGGU INI

Review realme 5i: Desain Asyik Kinerja Ciamik

Gizmologi | 15 Jan 2020 17:58
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Review realme 5i: Desain Asyik Kinerja Ciamik

Di awal tahun 2020 ini, realme langsung tancap gas. Performa yang sangat bagus di tahun 2019 – dengan berhasil masuk posisi keempat produsen smartphone Indonesia versi IDC – membuat mereka terpacu untuk meningkatkannya di tahun ini. Mereka meluncurkan produk terbarunya yaitu realme 5i.

Hadirnya realme 5i membuat keluarga realme 5 series semakin bertambah. Realme 5 sendiri diluncurkan pada September 2019 berbarengan dengan seri realme 5 Pro. Seri lima ini mengandalkan konfirgurasi quad-camera, prosesor berkinerja cepat dan baterai besar, yang menjadikannya sebagai seri produk terlaris dari realme. Hingga saat ini, realme 5 series telah terjual sebanyak lebih dari 6 juta unit secara global.

Penasaran seperti apa produk yang baru? Yuk simak review realme 5i selengkapnya berikut ini.

Desain

Muda, trendi, dan berkualitas. Itulah kesan ketika pertama kali melihat detail desain realme 5i. Desain realme 5i terlihat seperti sinar matahari saat terbit (sunrise) yang seperti memancarkan semangat dan antusiasme anak muda. realme 5i mengadopsi casing belakang yang dipoles menawan. Ada dua pilihan warna (Ocean Blue, Forrest Green) yang tersedia untuk dipilih.

Di luar pilihan model casing menarik itu. Realme juga lebih nyaman digenggam berkat model kurva 3D pada casing. Ini membantu pengguna ketika menggenggam ponsel jadi lebih nyaman. Lekukan pada tiap ujung sisi juga membuat ponsel lebih baik secara estetika.

Tak hanya itu, realme 5i dapat menahan kecelakaan kecil sehari-hari dengan menyediakan tiga lapisan tahan percikan dari dalam ke luar. Desain tahan percikan dari lem yang diadopsi oleh realme menempatkan semua komponen di bawah perlindungan khusus.

Lubang dan celah pada ponsel sangat penting dalam desain tahan percikan. Perlakuan tahan percikan air untuk jack headphone dan port USB adalah bagian integral. Terdapat selongsong karet digunakan untuk menutup semua lubang yang dapat mencegah perembesan cairan. Selain itu, celah yang rentan seperti slot kartu SIM, penutup baterai, konektor komponen dan celah lainnya disegel dengan cincin busa tahan percikan agar tidak ada cairan yang dapat meresapinya.

Dengan desain multi-layer tahan percikan air ini, realme 5i dapat menahan kelembapan sehari-hari seperti hujan, percikan air, dan percikan cairan lainnya. Secara signifikan mengurangi risiko kerusakan serius pada ponsel jika terjadi keadaan darurat. Tapi perlu dicatat, ponsel ini tahan percikan air, bukan tahan air yang bisa dipakai untuk berenang.

Layar

Realme 5 menggunakan layar seluas 6,5 inci yang menghadirkan bidang pandang lebih luas. Sehingga memberikan pengalaman gaming, audio dan video yang imersif.

Struktur internal layar realme 5i mengadopsi proses lapisan yang ditingkatkan. Di mana komponen dirancang lebih dekat satu sama lain. Sehingga area mini-drop berkurang sebesar 30,9% jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni realme 3.

Konsep layar mini drop ini menghadirkan rasio layar hingga 89%. Pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual sambil menikmati kenyamanan yang dibawa oleh layar penuh nan besar 6,5 inci.

Layar pada ponsel ini juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3. Daya tahan layar gorilla glass sudah tak perlu diragukan. Goresan bisa diminimalisir hingga ditiadakan. Membuatmu tak perlu lagi memasangkan pelapis tambahan.

Kamera realme 5i

realme 5i membuat terobosan dengan memperkenalkan sistem quad camera pertama dalam kisaran harga yang terjangkau di bawah Rp2 jutaan. Ini membuat pengguna bisa memiliki pengalaman fotografi setingkat flagship dengan berbagai fungsi

Kualitas hasil foto salah satunya tergantung pada besaran cahaya dan kemampuan perangkat keras untuk menangkap cahaya. realme 5i memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 12MP dengan aperture besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25μm yang menyerap cahaya dan membuat gambar lebih jernih serta lebih cerah. Selain itu, realme 5i juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat.

Kamera kedua realme 5i adalah ultra-wide angle dengan besaran piksel 8MP, aperture f/2.25 dan bidang tampilan ultra-wide 119°, yang dapat menangkap foto 4x lebih luas. Kita dapat beralih ke mode ultra-wide angle hanya dengan satu klik. Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang dikustomisasi memecahkan distorsi pada foto ultra-wide angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata.

Selanjutnya, realme 5i memiliki lensa super makro dengan aperture f/2.4 dan ukuran piksel tunggal 1,75 μm. Dengan panjang fokus 4cm, kita dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail dalam kehidupan.

Untuk lebih memenuhi permintaan pengguna akan fotografi potret, realme 5i memiliki “sistem filter” tambahan. Kamera utama dibantu oleh fitur lensa yang melihat hitam dan putih, memberikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Dalam mode Portrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi karya potret master, foto disesuaikan dengan gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada foto gaya potret.

realme 5i juga mendukung Super Nightscape 2.0 pada lensa utama 12MP dan lensa ultra-wide angle 8MP. realme 5i memanfaatkan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight dan dynamic range yang ditingkatkan.

Sebagaimana di seri sebelumnya, realme 5i juga dilengkapi efek fotografi ChromaBoost. Mesin AI mengenali informasi adegan dan kecacatan gambar, mengembalikan detail nyata, kecerahan dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia yang unik, dan memolesnya. Fitur tersebut menambah dimensi dan vitalitas pada gambar sambil memastikan pengaturan gambar yang sempurna saat dilihat mata manusia.

Bagi yang ingin membuat konten vlog, realme 5i mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 240fps dan 720P. Namun fitur Ultra Steady seperti yang ada di realme X2 Pro tidak tersedia di sini. Karena memang tidak dibekali OIS.

Hasil Foto

Mode auto di sore hari

Foto dengan zoom 2x

Foto dengan zoom 1x

Foto makro

Foto mode auto malam hari

Foto mode nightscape

Fitur

realme 5i dilengkapi dengan sistem operasi ColorOS 6.1 terbaru. Antarmuka ini memiliki desain spasial yang disesuaikan dan mode interaksi layaknya Android Stock yang sudah dikustomisasi oleh realme. Tidak seperti skenario flat dan quasi-physical umum di pasar, desain realme telah mendekonstruksi ulang skenario desain yang terinspirasi dari luar angkasa.

Untuk memenuhi kebutuhan desain yang berkualitas oleh pengguna muda, realme 5i menggunakan desain ikon unik dan warna sintetis untuk desain longitudinal, menciptakan pengalaman visual spasial. Selain ikon yang dapat disesuaikan, realme juga mendesain ulang elemen visual pada halaman tingkat pertama. Seperti wallpaper, lock screen, dan animasi pengisian daya untuk membuat elemen visual keseluruhan lebih spasial, lebih seragam.

Antarmuka ini dikembangkan untuk kembali ke esensi Android dengan membawa interaksi sederhana yang asli. Konten informasi dan operasi yang kompleks menjadi berkurang. Home screen yang ramping memiliki elemen yang lebih ringkas, dan pengalaman pengguna yang disesuaikan dengan Android asli.

Biar lebih kekinian, realme 5i juga telah mendukung fitur Dark Mode yang menghadirkan palet warna yang lebih gelap untuk Aplikasi dan sistem operasi. Untuk lebih memenuhi kebutuhan pengguna, realme juga mengembangkan fungsi lokal berdasarkan karakteristik regional, menyediakan aplikasi dan fitur yang lebih cocok dengan kebiasaan pengguna.

Realme 5i memiliki Ruang pribadi yang lebih cocok untuk privasi personal dengan menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya. Kamu dapat masuk ruang tersembunyi melalui sidik jari yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Ponsel ini juga memiliki fitur Manajemen Hotspot yang lebih komprehensif. Cocok untuk skenario data internet harian dengan mengoptimalkan hotspot ponsel, membatasi jaringan dan lalu lintas data perangkat yang terhubung. Sistem ini secara cerdas memantau data yang tersisa setiap hari.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna yang menyukai musik, realme telah mengembangkan teknologi optimisasi kualitas suara speaker kecil Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB.Teknologi ini secara khusus diimplementasikan pada tiga performa utama dari speaker kecil yang digunakan pada ponsel untuk pengoptimalan kualitas suara: kualitas suara secara keseluruhan, bass dan volume.

Mereka menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak, menggunakan solusi rekayasa sistem untuk memaksimalkan kinerja mikro-speaker, menjadikan output suara sebanding dengan suara speaker yang lebih besar. Cara ini membuat kualitas suara keseluruhan lebih jernih, seimbang dan alami, sementara secara signifikan meningkatkan volume tanpa distorsi dan membuat bass lebih kuat dan lebih dalam.

Performa

realme 5i mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang memiliki delapan inti, arsitektur 64-bit dan frekuensi dasar hingga 2.0GHz, dengan kinerja yang kuat dan kontrol daya yang sangat baik.

Dibandingkan dengan proses fabrikasi 14nm yang diadopsi pada generasi terakhir (prosesor Qualcomm Snapdragon 660), prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang ditingkatkan mengadopsi proses fabrikasi 11nm lebih maju yang memberikan kinerja kuat dan konsumsi daya yang lebih sedikit.

Dilengkapi dengan GPU Adreno 610, prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE memberikan kualitas gambar terbaik sekaligus memberikan pengalaman gaming yang sangat baik berdasarkan frame yang halus, pengoperasian yang cepat, suara surround, dan gambar asli HD. Selain itu, prosesor mendukung Vulkan®1.1 Graphics Library yang canggih dalam mengurangi konsumsi daya hingga 20% dibandingkan dengan OpenGLES dan mengintegrasikan alat pengembang disempurnakan yang secara efektif meningkatkan kinerja grafis permainan dan masa pakai baterai.

Prosesor Qualcomm 665 meningkatkan ISP (Image Signal Processor) ke Spectra 165 demi fungsi pemotretan yang lebih canggih dan perangkat keras fotografi yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, memberikan gambar lebih baik daripada produk pada segmen yang sama dan pengalaman gambar yang lebih baik.

Mesin AI generasi ketiga, Hexagon 686 yang merupakan peningkatan DSP, serta fungsi baru HVX membuat kinerja AI menjadi dua kali lipat dari CPU generasi terakhir dan membawa kinerja perangkat keras AI ke tingkat yang baru.

realme 5i memiliki tiga pilihan memori internal, yaitu 3+32GB, 4+64GB, dan 4+128GB. realme 5i juga dilengkapi dengan slot 3-kartu: dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

Baterai

realme 5i dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 5000mAh di segmennya dan memiliki keunggulan perangkat keras yang luar biasa. Selain itu, ia menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk lebih memaksimalkan keuntungan dalam masa pakai baterai dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan telepon lebih lama sebelum pengisian daya kembali.

Baterai memiliki fitur AI freeze yang bisa memperkirakan aplikasi yang tidak dapat digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama. Aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonaktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang baru.

Selain itu juga terdapat Screen Battery Optimization Mode. Ini merupakan fungsi hemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control) yang secara dinamis menyesuaikan rasio kontras layar (tidak termasuk “kamera” dan “album foto”) agar meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Fitur ini diklaim mengurangi kecerahan sambil mempertahankan kualitas gambar, sehingga mengurangi konsumsi daya layar untuk meningkatkan masa pakai baterai hingga 10%.

Tak hanya itu, realme membuat desain perlindungan multi-level untuk sel baterai memungkinkan pengguna untuk menikmati usia baterai ekstra lama dari baterai besar. Di antaranya dengan isolasi sel baterai menggunakan stainless steel 304, bezel yang terbuat dari bahan tahan api, dan menjaga keamanan dengan perlindungan multi-level untuk proses pengisian daya yang aman.

Baterai realme 5i memang sangat awet. Di mana untuk kondisi standby mampu bertahan hingga 30 hari. Jika kamu seorang gamers, maka bisa memainkannya selama 9,4 jam terus menerus. Kemudian bagi yang gemar nonton video, bisa tahan hingga 19 jam. Untuk penggunaan normal sehari-hari, realme 5i mampu bertahan hingga dua hari pemakaian.

Asyiknya lagi, karena kapasitas baterai yang memang besar. Pengguna realme 5i bisa berbagi daya dengan pengguna lain karena mendukung reverse charging. Atau lebih mudahnya, realme 5i bisa berfungsi sebagai power bank bagi ponsel lain.

Kesimpulan

realme 5i menghadirkan baterai berkapasitas tinggi dengan kombinasi perangkat keras & lunak yang cerdas dan desain yang lebih segar melalui Sunrise Design terbaru.Ponsel ini dilengkapi dengan lensa utama 12MP + ultra-wide angle 8MP + lensa makro + lensa potret 8MP, yang menghadirkan pengalaman mengambil gambar baru dengan berbagai fungsi yang lebih luas dan memenuhi kebutuhan akan lebih banyak adegan pemotretan.

Umur baterai sangat panjang: Baterai berkapasitas tinggi 5000mAh di segmennya dengan keunggulan luar biasa dan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak membuat pengguna menggunakan smartphone lebih lama sebelum pengisian daya selanjutnya. Desain perlindungan multi-level untuk sel baterai memungkinkan pengguna untuk menikmati durasi baterai ekstra besar yang sangat lama.

Selanjutnya, realme 5i ditenagai oleh prosesor 11nm Octa-Core Snapdragon 665 AIE dengan clock-speed hingga 2.0GHz, yang memberi pengalaman smartphone yang cepat dan mulus.

Dilihat dari berbagai kelebihan di atas, kami merekomendasikan realme 5i sebagai daily driver bagi kamu yang memiliki bujet Rp1 jutaan.  realme 5i 3+32GB di jual dengan harga Rp 1.799.000 di mana pada flash sale 20 Januari menjadi Rp 1.699.000. Selanjutnya untuk kapasitas 4+64GB dipasarkan dengan hara Rp 1.999.000. Varian tertinggi adalah 4+128GB seharga Rp 2.299.000 yang tersedia di bulan Februari.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia