Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Seperti Apa Kehebatan Layar OPPO Find X2 dengan Refresh Rate 120Hz?

gadgetsquad | 06 Feb 2020 03:42
Seperti Apa Kehebatan Layar OPPO Find X2 dengan Refresh Rate 120Hz?

OPPO akan segera meluncurkan seri Hp terbarunya yaitu OPPO Find X2. Salah satu fitur unggulan yang dibawa yaitu layar berresolsui 2K dengan teknologi refresh rate 120Hz. Sebenarnya apa sih keunggulan layar dengan teknologi ini?

Refresh rate mengacu pada berapa kali tampilan berkedip dalam sedetik. Contoh pada layar smartphone dengan refresh rate 60Hz berarti menyegarkan gambarnya 60 kali per detik. Layar smartphone biasanya berkedip 60 kali per detik. Dan mata manusia tidak bisa menangkap kedipan layar tersebut dengan mudah. Yang terlihat hanya sebuah gambar bergerak, bukan merupakan sebuah tampilan yang terus disegarkan gambarnya setiap 60 kali per detik.

Kecepatan refresh yang lebih tinggi berarti lebih banyak gambar yang ditampilkan dalam waktu yang sama. Ini berarti setiap gerakan di antara setiap frame akan terlihat tampak lebih halus. Lebih banyak gambar berarti perubahan gambar akan diselesaikan lebih cepat membuat layar pada smartphone terasa lebih responsif, karena bereaksi lebih cepat terhadap perintah yang diberikan pada layar.

Apa Bedanya dengan Frame Rate?

Frame rate diukur dalam frame-per-second atau “fps”, ini merupakan angka yang menunjukkan seberapa cepat prosesor grafis dapat memproses dan mengirimkan gambar ke layar. Frame rate tinggi berarti gambar yang ditampilkan semakin halus atau tidak patah-patah. Layar dengan frame rate tinggi biasanya akan menarik konsumen gaming dan juga film, karena tampilan gambar lebih nyaman dinikmati. Biasanya film diputar pada 24fps, sementara video game biasanya dikunci menjadi 30fps atau 60fps.

Lalu apa hubungannya dengan refresh rate? Kecepatan refresh yang tinggi menjadi penting untuk menunjang frame rate yang tinggi. Contohnya, video game yang berjalan pada 120fps pada layar 120Hz atau lebih tinggi akan terlihat lebih halus daripada game yang sama jika dijalankan pada 60fps pada layar 60Hz.

Jika keduanya tidak sejalan, maka konten yang ditampilkan di layar akan menghasilkan efek buruk yang biasa dikenal dengan “screen tearing” yang memunculkan garis – garis horizontal yang membuat kesan bagian layar terbagi dua.

Layar HDR

Selain membawa fitur layar 120Hz, OPPO Find X2 juga akan dilengkapi layar HDR. Teknologi HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Layar jenis ini dapat memproduksi lebih banyak warna pada layar. HDR memiliki 3 faktor kunci pada teknologi ini, brightness, colors dan content. HDR pada smartphone akan memberikan sebuah pengalaman baru pada sisi visualisasi dan konten yang akan terlihat lebih menarik terutama pada saat menjalankan film dan game.

Sehubungan dengan prosesor 865 yang memberikan dukungan terhadap warna 10 bit, maka OPPO Find X2 akan mendukung HDR10. Teknologi HDR10 adalah format yang paling populer, yang meningkatkan kedalaman warna format media menjadi 10-bit RGB untuk konten HDR, naik dari 8-bit yang digunakan dalam standar televisi.

Kedalaman warna mengacu pada jumlah informasi yang dapat kita simpan untuk masing-masing warna primer merah, hijau, dan biru. Saat ini, 8-bit untuk RBG memberi kita 0 hingga 255 opsi berbeda untuk setiap warna RBG, dengan total 16,78 juta corak warna yang berbeda ketika digabungkan bersama. Kedalaman warna 10-bit akan memberikan 1024 pilihan untuk setiap warna primer, yang mengarah ke peningkatan hingga 1,07 miliar juta corak warna.

Jadi sudah terbayangkan bagaimana tampilan layar yang akan dibawa OPPO Find X2? Selain terlihat tajam dan cerah, tampilan layar juga bisa dilihat dengan halus meski menampilkan grafis berat sekalipun. Ini sangat cocok bagi yang ingin menikmati konten video berresolsui tinggi atau memainkan game dengan grafis berat.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...