Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Sering Digunakan, Apa Itu FYP di Layanan TikTok?

Gadgetren | 10 Feb 2020 11:00
Sering Digunakan, Apa Itu FYP di Layanan TikTok?
Layanan video singkat TikTok memiliki beberapa istilah unik dalam kamus bahasa para penggunanya. Salah satu di antaranya adalah FYP sebagai salah satu istilah yang sering digunakan.

Meskipun sempat diasingkan karena kabar miring yang terhembus di jagat maya, TikTok kini kembali menjadi layanan media sosial berbasis video pendek yang banyak digunakan oleh orang termasuk masyarakat Indonesia.

Layanan media sosial ini pada Tahun 2019 kemarin bahkan berhasil mengumpulkan setidaknya lebih dari 738 juta unduhan baru sehingga layanan tersebut secara keseluruhan kini sudah diunduh lebih dari 1,65 miliar kali.

Sebagai pengguna baru yang mungkin termasuk ke dalam angka 738 juta tersebut, saya sendiri masih memiliki banyak pertanyaan mengenai beberapa hal yang ditawarkan oleh TikTok seperti istilah FYP yang sering dilontarkan di dalam layanannya.

Apa itu istilah FYP yang digunakan oleh TikTok? Mari kita bahas satu per satu mulai dari kepanjangan kata dari istilah tersebut. Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan di berbagai macam sumber, FYP tampaknya merujuk kepada frasa For You Page.

For You Page sendiri merupakan halaman utama TikTok yang akan ditampilkan pertama kali saat membuka aplikasi. Halaman ini berisi berbagai macam video rekomendasi yang sudah disesuaikan dengan ketertarikan pengguna.

Kumpulan video yang ditampilkan di halaman ini pun tampaknya bukan video asal-asalan. The Verge mengungkapkan bahwa video-video tersebut merupakan hasil kurasi yang dilakukan oleh pihak TikTok.

Dalam proses eksplorasi mengenai For You Page, saya sayangnya belum mendapatkan jawaban yang pas mengenai bagaimana cara supaya video-video kita bisa masuk ke halaman tersebut.

Berdasarkan kesimpulan saya dari halaman Vice, TikTok menggunakan algoritma misterius yang mengkurasi video-video tersebut. Penggunaan tagar fyp, baik itu #foryou maupun #foryoupage bahkan tampaknya tidak menjamin video kita akan dimuat di halaman tersebut.

Namun saya meyakini bahwa kurasi yang dilakukan oleh TikTok ini mirip seperti halaman Explore di Instagram. Selama video kita bagus, menarik, dan sesuai dengan ketertarikan pengguna lain, maka video akan ditampilkan di halaman For You milik pengguna bersangkutan.

Sebagai tambahan informasi, FYP oleh beberapa orang dikaitkan juga dengan Fixed Your Post seperti yang digunakan di Twitter. Namun karena secara mendasar agak sulit untuk membetulkan unggahan di TikTok, saya percaya istilah FYP ini bukan merujuk kepada Fixed Your Post.

Nah sementara ini hanya beberapa informasi tersebut yang bisa saya bagikan terkait dengan istilah FYP di layanan TikTok. Jika kamu memiliki informasi tambahan atau bahkan cara agar video kita tampil di FYP, yuk bagikan di kolom komentar!

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...