Loading interface...
Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Selamat datang di InPonsel - Situs hp dan informasi seluler
InPonsel adalah situs hp dengan lebih dari 5.000 database handphone. Di InPonsel kamu dapat melakukan pencarian dengan mudah dari ratusan merek hp, mendapatkan informasi harga dan spesifikasi hp dengan rinci, membandingkan spesikasi dua hp, berlangganan berita sesuai topik, mencari alamat service center dan sejumlah informasi lainnya.
Facebook
Twitter
Instagram
InPonsel Ⓒ 2019

Sinergi Bukalapak dengan Google: Sudah Saatnya Warung Tradisional ‘Naik Kelas’

Mobitekno | 10 Okt 2019 09:15
Sinergi Bukalapak dengan Google: Sudah Saatnya Warung Tradisional ‘Naik Kelas’

Untuk memacu bisnis usaha mikro kecil menengah, khususnya warung tradisional, Bukalapak belum lama ini mengumumkan inisaitif strategis baru, yaitu mendaftarkan Warung Mitra Bukalapak pada fitur Google Bisnisku. Dalam hal ini Bukalapak patut berbangga, karena mereka menjadi e-commerce marketplace pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Google Bisnisku. Tentu kerja sama ini bermaksud untuk mengoptimalkan adopsi teknologi di sektor UMKM yang saat ini masih berjumlah 16,33% dari total pelaku usaha UMKM di Indonesia..

Saat ini, sudah ada sekitar 95.000 Warung Mitra Bukalapak terdaftar di Google Bisnisku yang muncul pada halaman pencarian seperti Google Maps dan Penelusuran Google

Memandang sinergi ini, Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, menegaskan bahwa program ini tidak hanya memudahkan pengguna internet semakin mengetahui keberadaan lokasi warung tradisional yang dapat meningkatkan volume transaksi bisnis, tetapi juga secara langsung memperkenalkan kepada para pemilik warung betapa pentingnya teknologi agar tetap bisa bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Kini Warung Mitra Bukalapak tak perlu lagi khawatir warungnya sepi pembeli. Saat pengguna Google mengetik kebutuhan yang dicari, misalnya dengan kata ‘Warung’ atau ‘Frozen food’ di penelusuran Google, maka yang muncul pada halaman pencarian adalah Warung Mitra Bukalapak terdekat, lengkap dengan deskripsi dan lokasi agar mudah ditemukan oleh pelanggan. Hal ini diharapkan dapat mendorong warung agar semakin relevan dengan perkembangan teknologi terkini,” paparnya.

Hal senada juga diuraikan oleh Marcel In’t Veen, Ketua Google My Business Partnerships untuk Asia Pacific. Ia mengatakan, “Keberadaan para pelaku UMKM sangat sering dicari pada halaman pencarian lokal. Untuk itulah, Google Bisnisku berupaya mempermudah mereka untuk memiliki etalase online dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna Google saat mereka mencari kebutuhan sehari – hari,” ungkap Marcel.

“Saya sangat antusias begitu mengetahui bahwa para pemilik warung Mitra Bukalapak kini dapat mendaftarkan bisnis mereka pada aplikasi Mitra Bukalapak dan memiliki profil pada fitur Google Bisnisku. Melalui kerjasama ini, kami juga berkesempatan mengedukasi para pemilik warung Mitra Bukalapak terkait manfaat kehadiran bisnis di mesin pencarian,” lanjutnya. Marcel menekankan, fitur Google Bisnisku juga sejalan dengan misi Bukalapak untuk dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan kualitas hidup mereka melalui pemanfaatan teknologi.

Sementara itu, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Ricky Satria menambahkan, “Warung sebagai pelaku UMKM yang tak lepas dari keseharian masyarakat Indonesia harus ikut terlibat dalam integrasi sistem ekonomi digital. Salah satu caranya, marketplace perlu melakukan on-boarding pelaku UMKM khususnya warung, sehingga mereka dapat menerima pembayaran secara non-tunai melalui QRIS. Hal tersebut tentu ditujukan agar peran UMKM sebagai motor ekonomi domestik di Indonesia semakin produktif dan berdaya saing.”

Kedepannya, Bukalapak gencar mengajak seluruh pemilik warung dan mitra individu mendaftar di Google Bisnisku. Pendaftaran dapat dilakukan melalui fitur Promosi Bisnis di aplikasi Mitra Bukalapak. Para Mitra Bukalapak cukup mengikuti langkah sederhana dengan memberikan informasi warung seperti nama warung, alamat, foto warung atau tempat usaha, hingga waktu buka dan tutup warung.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Pengunjung lain lanjut baca ini


Pengunjung lain lanjut baca ini

Populer saat ini


HP TERBARU

Loading interface...