...
HP POPULER MINGGU INI

Tajam dan Memukau, Ini Dia Sampel Video 8K dari Smartphone Dengan Snapdragon 865

Gadgetren | 06 Feb 2020 03:30
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Tajam dan Memukau, Ini Dia Sampel Video 8K dari Smartphone Dengan Snapdragon 865
Qualcomm Incorporated merupakan sebuah perusahaan multinasional semikonduktor global Amerika yang mendesain, memproduksi, dan memasarkan produk-produk telekomunikasi nirkabel digital dan layanan.

Qualcomm yang berkantor pusat di San Diego, CA, Amerika Serikat melalui kanal YouTube menunjukkan kemampuan pengambilan gambar video 8K dari Snapdragon 865 yang direkam menggunakan prototipe smartphone.

Snapdragon 865 ini diharapkan akan memberikan kekuatan yang tinggi pada perangkat kelas atas tahun ini. Kabarnya produk ini bakal tersemat pada Samsung Galaxy S20 yang memiliki sensor kamera 108MP dan smartphone besutan Xiaomi, yakni Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Spectra 480 ISP ditemukan yang ada di dalam Snapdragon 865 dapat memproses 2 Gigapixel per detik. Secara teori, ISP tersebut juga mampu menangkap gambar 200 MP atau secara bersamaan menangkap video 4K HDR dan gambar 64MP.

Perangkat prototipe yang digunakan untuk mengambil video 8K itu sendiri menggunakan chipset Qualcomm yang dipasangkan dengan sensor Sony IMX586 48MP.

Video teresebut memperlihatkan pemandangan lanskap kawasan Arizona dengan kualitas gambar yang tajam dan besar seperti menggunakan kamera professional. Padahal video tersebut hanya diambil melalui smartphone protoptipe yang tidak diketahui namanya.

Menurut informasi dari Wccftech (05/02/2020), pengembangan chipset ini membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya. Dengan begitu Qualcomm harus mengeluarkan sumber daya dan keahlian yang cukup diperhitungkan untuk bisa meproduksi chipset terbaru yang memiliki kemampuan video 8K.

Bila kamu belum tahu, setiap frame rekaman 8K akan menghasilkan 33 Megapiksel sehingga pastinya akan ada banyak data yang harus diproses. Selain sensor dan chipset yang harus bisa menangani banyak pengolahan data, sisi penyimpanan juga harus bisa mengikutinya dengan memiliki bandwidth yang banyak.

Inilah sebabnya mengapa kini banyak flagships 2020 yang menggunakan solusi penyimpanan UFS 3.0. Berkat kecepatan yang lebih tinggi, memori internal yang ada di handset modern akan dengan mudah bisa mengikuti beban kerja perekaman video 8K.

Nampaknya kemunculan sampel video 8K yang diambil menggunakan smartphone dengan chipset Snapdragon 865 akan mengubah segmen fotografi mobile atau bahkan bisa kembali menggoyangkan pasar kamera konvensional.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia