...
HP POPULER MINGGU INI

Tips: Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di ColorOS 7

Gizmologi | 21 Jan 2020 19:36
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Tips: Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di ColorOS 7

OPPO terus melakukan pengembangan pada ColorOS 7 hingga sistem antarmuka ini resmi dirilis ke konsumen. Saat ini, ColorOS 7 sudah memasuki fase beta di mana pengguna pada sejumlah tipe smartphone bisa mencoba terlebih dulu fitur-fiturnya. ColorOS7 memang membawa banyak pembaruan. Salah satu yang disorot adalah kemampuan mode gelap atau dark mode.

Fitur Dark Mode ini memang tengah menjadi perbincangan, di mana sebenarnya hadir seiring dengan fitur yang dibawa oleh Android 10. Namun yang berbeda, kemampuan dark mode pada ColorOS 7 bisa tampil bahkan pada aplikasi yang belum mendukung fitur ini.

Ada alasan mengapa fitur ini dihadirkan. Menurut survei internal yang dilakukan oleh tim ColorOS, sebanyak 90% pengguna menghabiskan waktu pada aplikasi pihak ketiga. Ini yang menjadi dasar tim ColorOS melakukan pengembangan untuk dukungan terhadap mode gelap pada aplikasi pihak ketiga.

OPPO harus membuat algoritma pada sistem ColorOS 7 agar sebagian besar aplikasi populer yang terdapat pada Play Store dapat beradaptasi dengan Dark Mode. Sehingga konsumen dapat merasakan sensasi mode dark mode sebenarnya, meski aplikasi tersebut belum mendukung fitur ini.

Mode gelap pada ColorOS 7 dapat memberikan pengalaman membaca yang luar biasa pada kondisi cahaya apapun, selain itu mode ini dapat membantu mengurangi konsumsi daya, sehingga perangkat tampil lebih irit daya.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur Dark Mode di Color OS 7

  1. Jika smartphone OPPO kamu sudah mendukung ColorOS 7, masuk ke menu Settings
  2. Selanjutnya, pilih menu Display & Brightness
  3. Pada halaman berikutnya, akan masuk ke halaman pengaturan layar, tap pada bagian slider di samping menu Dark Mode hingga indikatornya berwarna hijau seperti pada gambar.
  4. Voila! Sekarang fitur Dark Mode kamu sudah aktif. Tampilan settings, notifikasi, dan lainnya akan berubah menjadi gelap. Bagaimana dengan aplikasi lain yang belum mendukung? Simak langkah berikutnya.

Cara mengaktifkan fitur Dark Mode untuk aplikasi yang belum didukung:

  1. Saat fitur Dark Mode sudah aktif, masuk lagi ke halaman Settings > Display & Brightness
  2. Tap pada menu Dark Mode yang indikatornya sudah berwarna hijau
  3. Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman pengaturan Dark Mode.
  4. Perhatikan teks menu Dark Mode for Third-Party Apps.
  5. Jika ingin mengaktifkan Dark Mode pada semua aplikasi, tap pada slider indikator di samping teks. Kemudian muncul kotak dialog, tekan tombol Turn On.
  6. JIka ingin memilih satu per satu aplikasi yang ingin diaktifkan Dark Mode-nya, tap pada teks. Sehingga muncul tampilan pada gambar di atas. Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diaktifkan.

Gampang banget kan?

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia