...
HP POPULER MINGGU INI

Tips: Cara Merawat Ponsel Samsung Supaya Tidak Cepat Rusak

Gizmologi | 02 Feb 2020 07:48
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Tips: Cara Merawat Ponsel Samsung Supaya Tidak Cepat Rusak

Apakah kamu baru saja membeli smartphone Samsung? Wah. Selamat ya. Memang merek ponsel yang satu ini sudah sangat terkenal karena kualitas dan kecanggihan yang ditawarkannya. Pastinya kamu ingin sekali mempertahankan ponsel kesayanganmu agar awet, kan? Untuk itu perlu mengetahui beberapa cara merawat hp Samsung agar tidak cepat rusak.

Ini karena tak jarang hp Samsung yang kamu miliki bisa terlihat usang atau jelek karena kamu tidak pernah melakukan perawatan. Bahkan bila tidak hati-hati, bisa membuat hp cepat rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti tips berikut ini.

Cara merawat Hp Samsung

Samsung Galaxy A70

Perawatan Layar Hp

Jika diperhatikan bahwa salah satu komponen hp yang rentan mengalami kerusakan adalah layar sentuh dan layar LCD. Dengan begitu untuk kamu yang menggunakan merk hp terbaru Samsung, pastikan untuk memasang piranti gores terbaik. Hal ini dilakukan untuk menjaga keawetan dari layar handphone dan pastinya untuk menghindarinya dari berbagai benturan, yang dapat merusak layar handphone.

Selain itu, gunakan juga pelindung lainnya, terlebih lagi untuk kamu yang sering menjatuhkan hp. Tentunya pelindung ini bisa kamu beli ketika kamu ingin mengecek harga hp terbaru di toko-toko yang menjual hp. Dengan menggunakan pelindung karet, biasanya handphone Samsung akan lebih terlindungi. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan beberapa cara untuk merawat layar hp Samsung.

  • Menggunakan plastik anti gores atau screen protector. Hal ini penting sekali kamu lakukan mengingat berbagai tangan dan benda sering tersentuh di layar ponsel.
  • Jangan mendekatkan hp ke benda yang di dalamnya mengandung benda magnet seperti televisi, radio, dan sebagainya.
  • Jangan menyimpan hp ke tempat yang bisa menekan hp dan tempat yang terjepit, seperti di dalam celana ketat.
  • Jangan pernah menekan layar LCD kamu terlalu kencang, namun cukup sentuh seadanya saja.
  • Simpan hp Samsung ke tempat yang tidak terkena oleh paparan sinar matahari langsung. Hal ini dapat menurunkan kualitas LCD hp kamu.
  • Jangan gunakan layar monitor dengan kuku yang panjang ya. Hal ini dapat mengakibatkan layar tergores. Saat layar tergores, tentunya cara menggunakan ir remote dari hp tidak akan maksimal

Perawatan pada body ponsel

Untuk kamu yang menginginkan agar ponsel Samsung bisa tetap awet, pastinya kamu akan memperlakukan perangkat yang kamu miliki dengan hati-hati, bukan? Dengan begitu cara hp jadi modem hingga cara menggunakan vpn android bisa dilakukan tanpa adanya kendala apapun. Tentunya kamu bisa menggunakan bahan pelindung hp supaya aman.

Tidak ada salahnya menggunakan casing yang bagus, tali hp, hingga gantungan hp. Dan untuk casing sebaiknya kamu bisa menggunakan softcase dibandingkan hardcase. Hal ini karena softcase lebih baik saat meredam benturan. Selain itu, cara merawat hp Samsung lainya pada body adalah dengan membersihkan hp secara berkala. Kamu bisa membersihkan debu yang menempel di hp dengan menggunakan softcutton. Jangan lupa untuk melakukannya secara hati-hati supaya hp tidak tergores.

Perawatan pada perangkat lunak atau software

Perawatan yang satu ini tentunya juga penting kamu lakukan karena efek yang ditimbulkan bisa langsung kepada sistem yang kamu miliki. Ketika software rusak, tentunya kamu tidak bisa menggunakan berbagai aplikasi yang telah di download, contohnya seperti aplikasi pelacak hp android.

Salah satu yang bisa menyebabkan rusaknya software biasanya adalah terkena Malware atau Virus. Memang hal ini sudah umum dirasakan pengguna hp Samsung maupun pengguna hp lainnya. Untuk menghindari Malware atau Virus ini, maka kamu bisa memasang Antivirus yang bisa diperoleh secara gratis di google Play Store sebagai cara merawat hp Samsung.

Namun yang perlu diingat adalah jangan asal memilih dan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya. Bisa saja file yang telah di download mengandung virus yang bisa menurunkan performa hp Samsung kamu.

Perawatan pada baterai

Sudah cek harga handphone terbaru? Memang hal yang satu ini cukup penting untuk kamu yang menginginkan hp keluaran terbaru. Namun untuk kamu yang masih memiliki hp, salah satunya adalah hp Samsung, kamu harus tahu bagaimana cara merawat baterai dengan benar. Untuk merawat hp ini sangat mudah dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jangan mainkan hp ketika kamu masih menchargernya. Hal ini dapat membuat hp menjadi overheat, sehingga daya tahan baterainya bisa melemah.
  • Gunakan cas yang masih bagus atau cas yang asli. Bisa jadi kerusakan hp disebabkan pemakaian perangkat charger yang memang tidak sesuai kriteria hp, terlebih lagi pemakaian charger hp imitasi. Biasanya tegangan yang dihasilkan dari charger abal-abal kurang stabil, dan lama-kelamaan bisa cepat menurunkan kinerja dari komponen power saat dilakukannya pengecasan.
  • Jangan asal cabut cas jika hp belum terisi penuh. Pastikan jika daya charge yang masuk bisa diterima dengan baik oleh hp kamu.
  • Matikan hp ketika kamu sedang mengecasnya. Selain itu, kamu juga perlu mengistirahatkan hp dengan cara mematikan hp secara total. Pada dasarnya mencabut baterai merupakan salah satu solusi yang bisa mengistirahatkan hp yang seharian dimainkan. Dengan melakukan hal ini, maka seluruh komponen di dalam hp bisa mendapatkan kesempatan agar dapat mendinginkan hp dari panasnya aliran listrik.

Dan yang paling penting adalah jangan menggunakan Powerbank ketika mengecas kecuali jika darurat saja. Banyak orang yang hanya mengetahui cara melacak hp menggunakan gps atau cara menjadikan hp sebagai modem saja, namun kurang tahu bahaya Powerbank yang dijadikan sebagai tempat untuk mengecas hp.

Dengan menggunakan Powerbank yang mereknya abal-abal, baterai bisa cepat ngedrop. Kamu juga tidak boleh terlalu lama mengecas hp. Melakukan pengecasan hp idealnya dilakukan sampai baterai penuh. Saat baterai sudah terisi penuh, maka segera hentikan pengecasannya. Saat pengisian baterai dilakukan terlalu lama, maka hal ini dapat mengakibatkan hp dan baterai berusia pendek walaupun kelebihan arus pengisian baterai sebenarnya akan terputus secara otomatis ketika level baterai hp sudah penuh.

Jika kebiasaan pengecasan hp dilakukan terlalu sering dan secara terus menerus, akibatnya komponen hp terlebih lagi di bagian regulatornya bisa cepat rusak akibat panas. Dengan begitu hp akan cepat mati. Saat ini memang kebanyakan hp canggih sudah mempunyai pengaman saat kelebihan pengecasan baterai, tetapi hal ini tetap tidak disarankan untuk kamu lakukan. Kamu juga tidak boleh membiarkan daya baterai sering mengalami kehabisan secara total. Tentunya hal ini bisa membuat baterai cepat rusak, bahkan mati.

Jika diibaratkan dengan manusia, pastinya hp juga perlu dilakukan perawatan. Jangan hanya cek harga hp android saja ya! Karena pada dasarnya dengan kamu melakukan perawatan secara berkala, hp Samsung kamu bisa bertahan lebih lama. Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu kamu ketahui mengenai cara merawat hp Samsung. Semoga bermanfaat!

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia