...
HP POPULER MINGGU INI

Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP

Telset | 21 Jan 2020 05:50
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP

Panggilan spam memang hal yang cukup mengganggu dan menjengkelkan bagi para pengguna ponsel. Tapi jangan langsung menyerah dulu, karena sebenarnya ada cara mencegah panggilan spam di ponsel.

Panggilan yang dianggap Spam biasanya datang dari penawaran produk yang “meneror”, seperti penawaran kartu kredit atau promo produk. Selain itu ada juga spam penipuan siber, ataupun dari orang-orang yang tidak dikenal.

Nah, untuk mencegah panggilan spam ini, Anda bisa menggunakan aplikasi smartphone, salah satunya adalah TrueCaller. Aplikasi ini tersedia di platform Android maupun iOS.

Untuk cara mencegah panggilan spam menggunakan aplikasi Truecaller, anda bisa mengikuti tips dari Tim Telset berikut ini.

1. Download dan Install Aplikasi TrueCaller

2. Atur sebagai default untuk panggilan Telepon dan juga SMS

  1. Pada Tab Blocking, klik tombol Update untuk mendapatkan daftar nomor Spam.
  2. Maka ponsel anda telah terlindungi dari panggilan dan juga SMS Spam.
  3. Panggilan yang teridentifikasi sebagai Spam akan muncul dengan warna merah.

Agar terus terlindungi dari panggilan-panggilan Spam, Anda harus sering-sering melakukan update. Mirip seperti aplikasi antivirus, Anda harus tetap up-to-date untuk selalu terlindungi.

Karena para “Spam Caller” juga bisa mengganti-ganti nomor telepon agar tidak terdeteksi, maka Anda harus update dengan daftar panggilan spam terbaru.

Di TrueCaller terdapat fitur “Checklist Block Top Spammer”. Fitur ini berfungsi untuk memblokir nomer-nomer yang sudah diidentifikasi secara akurat sebagai panggilan Spam.

Dengan mencentang opsi tersebut, maka panggilan telepon dari nomor-nomor tersebut sama sekali tidak muncul di layar ponsel anda. Untuk mengakses fitur ini ada pada Tab “Block”.

Atau pengguna bisa menambahkan nomor yang belum diidentifikasi oleh aplikasi, sehingga masuk ke daftar nomor yang diblokir. Caranya dengan memilih nomor yang dituju, lalu klik tombol Blokir yang ada di sudut kanan.

Bukan cuma itu dengan aplikasi TrueCaller ini juga bisa melacak nomor tak dikenal. Truecaller bekerjasama dengan penyedia layanan komunikasi maupun sosial media, mengumpulkan data untuk mengetahui identitas si pemangil panggilan.

Begitu pula dengan pengguna yang mendaftarkan diri di aplikasi ini, maka identitasnya akan tersimpan di Truecaller. Daftar nomor Spam yang dilaporkan oleh banyak pengguna, akan disimpan di database TrueCaller.

Itulah tips cara mencegah panggilan Spam menggunakan aplikasi Truecaller. Semoga tips ini dapat bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba! [IR/HBS]

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia