...
HP POPULER MINGGU INI

Perangkat Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

Selular | 13 Apr 2019 04:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Perangkat Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

Biasanya verifikasi login menggunakan kode pin yang dikirim melalui SMS. Pekan ini, Google menambahkan cara baru untuk memverifikasi dengan cara menggunakan perangkat Android sebagai kunci keamanan fisik pada metode otentikasi dua faktor.

Berkat otentikasi dua faktor, orang lain tidak akan bisa masuk ke situs web menggunakan akun Anda meski mereka mengetahui kata sandi Anda. Karena sekarang Google menambahkan kenyamanan verifikasi dengan fitur baru.

Jika perangkat Anda menjalankan OS Android versi 7.0 atau lebih tinggi, kini Anda juga mempunyai kunci keamanan alternatif yang nyaman layaknya kunci fisik.

Solusi ini lebih aman daripada opsi otentikasi dua faktor yang sudah lazim seperti menggunakan SMS, karena perangkat akan berkomunikasi dengan komputer Anda melalui Bluetooth.

SMS dapat diretas, dan sebagian besar metode sekunder lainnya untuk memverifikasi login Anda tidak akan bisa memeriksa apakah itu benar-benar Anda yang mencoba untuk masuk ke situs yang dituju.

Pertama-tama, komputer Anda harus menjalankan Windows 10, macOS, atau Chrome OS, dengan versi Chrome 72 atau lebih baru. Ya, Anda harus mengaturnya dari komputer.

Sebelum Anda mulai, pastikan mengaktifkan Bluetooth di perangkat Anda.

Berikut cara mengaturnya:

  • Jika Anda belum punya akun, pastikan untuk menambahkan akun Google ke perangkat Anda dengan menuju ke Pengaturan> Akun> Tambah akun> Google.
  • Kemudian, di komputer Anda, buka browser Google Chrome.
  • Buka myaccount.google.com/security di Chrome dan klik “Verifikasi 2 Langkah.”
  • Anda harus sudah mengatur verifikasi dua langkah.
  • Setelah login, masukkan nomor telepon, dan pilih metode verifikasi sekunder apa yang Anda inginkan.
  • Gulir ke bawah daftar metode sekunder dan pilih “Tambahkan Kunci Keamanan.”
  • Pilih perangkat Anda dari daftar opsi; itu akan muncul secara otomatis.

Selesai. Anda telah mengatur perangkat Android sebagai kunci keamanan dan sekarang bisa masuk ke Gmail, Google Cloud, dan layanan Google lainnya dan menggunakan perangkat sebagai metode verifikasi sekunder.

Pastikan perangkat Anda berada di dekat komputer setiap kali Anda mencoba login. Komputer Anda kemudian akan memberi tahu bahwa perangkat Anda menampilkan prompt. Ketuk pada prompt untuk memverifikasi login dan Anda siap beraksi.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia