InPonsel Mobile
Universitas Ini Larang Streaming Netflix, Kenapa?
Telset — 19 Mar 2019 23:22

Universitas Ini Larang Streaming Netflix, Kenapa?

Jakarta – Jangan berharap bisa menikmati film favorit di Netflix selama belajar di Purdue University, Amerika Serikat. Pasalnya pihak universitas telah melarang Netflix dan layanan streaming lainnya di lingkungan kampus tersebut.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Selasa (19/03/2019), larangan juga berlaku di layanan streaming musik juga di gedung-gedung akademik Purdue University yang berada di kampus West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat.

Larangan ini berlaku jika siswa menggunakan WiFi universitas. Nantinya selama menggunakan Wifi akademisi tidak bisa mengakses layanan streaming seperti Spotify, Pandora dan Hulu. Pembaruan firmware untuk perangkat Apple juga dilarang.

Mahasiswa tidak akan dapat mengakses layanan streaming melalui Wifi di ruang kelas, ruang kuliah, dan laboratorium mulai pukul 07.00 hingga 22.00, dan sejak Senin hingga Jumat. Larangan ini tidak berlaku di ruang sosial dan asrama mahasiswa.

Peraturan ini bukan tanpa alasan. Ini adalah program percontohan yang dijalankan Purdue selama musim gugur untuk mencegah mahasiswa layanan streaming ketika kuliah.

Direktur eksekutif infrastruktur teknologi informasi Purdue University, Mark Sonstein juga mengatakan bahwa larangan ini bertujuan untuk mencegah bandwidth dari keperluan yang sifatnya non-akademik.

Sebelumnya Netflix mencatat prestasi gemilang di tahun 2018, sebagai aplikasi paling laris di IoS sepanjang tahun lalu. Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Senin (17/12) perusahaan analis Sensor Tower mengungkap hasil kompilasi dari 10 aplikasi terlaris teratas pada perangkat iOS untuk tahun 2018.

Hasilnya banyak aplikasi berlangganan yang mendominasi, dimana layanan streaming film Netflix berada di urutan pertama. Netflix diperkirakan telah menghasilkan $ 790,2 juta atau Rp 11,5 triliun.

Sedangkan aplikasi berlangganan yang masuk 10 besar lainnya adalah Hulu, Pandora, Youtube (layanan Youtube Red/ Premium) dan aplikasi Tinder yang juga menawarkan langganan bulanan untuk membuka kunci fitur kencan “premium”. [NM/HBS]

512
512