Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Apple Tinggalkan Intel Untuk PDKT Dengan AMD, Mac Pro Baru Bakal Meluncur?

Gadgetren | 11 Feb 2020 17:30
Apple Tinggalkan Intel Untuk PDKT Dengan AMD, Mac Pro Baru Bakal Meluncur?
Brand kenamaan yang berkecimpung dalam pasar laptop maupun PC mulai serius menyematkan prosesor AMD dalam beberapa produknya, termasuk laptop khusus gaming dengan teknologi hebat.

Lalu, bagaimana dengan Apple yang selalu akrab bertahun-tahun bersama prosesor Intel? Santer terdengar sedang mendekati AMD untuk bekerja sama dalam hal prosesor, bakal seperti apakah Mac terbaru yang satu ini?

Informasi ini ditemukan dari sebuah akun Twitter @_rogame yang menampilkan barisan kode pada macOS Catalina 10.15.4 Beta 1 dimana Apple sedang mempersiapkan produk Mac yang ditenagai prosesor AMD.

Lebih jauh lagi dalam cuitannya itu, terdapat informasi mengenai referensi grafis Navi 21. Kode lainnya yang muncul juga menampilkan Renoir, Raven, Picaso dan Van Gogh.

Jika benar nantinya akan memiliki grafis Navi 21, kecepatan pemrosesan grafisnya diramalkan akan dua kali lipat lebih besar dari Navi 10 yang sebelumnya telah ada dalam AMD 5700 XT GPU, seperti yang dikutip dari Indian Express (10/02/2020). Grafis Navi 10 sendiri sebelumnya telah dimiliki oleh produk atas Apple seperti Mac Pro dan iMac Pro.

MacOS 10.15.4 Beta 1

NAVI12_A0
NAVI21_A0
PICASSO_A0
RAVEN2_A0
RAVEN_A0
RENOIR_A0
VANGOGH_A0 ?

— _rogame (@_rogame) February 6, 2020

Belum bisa dipastikan mengenai jadwal perilisannya, namun tampaknya Apple bakal memasarkan perangkat Mac masa depan dengan menggunakan CPU AMD Ryzen dan GPU AMD Radeon. Perlu kamu ketahui Apple sejauh ini sudah menggunakan komponen AMD pada perangkat Mac, hanya saja sebatas GPU atau chip grafis bukan CPU.

Meskipun demikian, bukan hal yang mengagetkan bahwa Apple akan menggunakan prosesor AMD karena sebelumnya Bloomberg telah melaporkan pada tahun 2018 silam bahwa muncul tanda-tanda Apple akan meninggalkan Intel pada tahun itu.

Disamping itu, AMD telah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan bersaing dengan Intel untuk menandingi performa, kekuatan, dan harga. Hal ini tampak dari produk AMD seri Ryzen 3000 yang menggunakan fabrikasi 7nm untuk menyaingi dominasi Intel.

Mac Pro Bawah

Berdasarkan keterangan yang diambil dari situs Tweaktown, harga Mac versi AMD ini akan berkisar pada USD 5.000 atau setara dengan 68 juta rupiah. Bila benar, harga ini bisa dibilang masih masuk akal jika dibandingkan dengan perangkat kelas atas lainnya khususnya laptop gaming.

Walaupun begitu, harganya masih di atas ASUS ROG Zephyrus S GX531GM dengan harga 53 juta rupiah, ASUS ROG Strix SCAR II GL504GW dengan harga 40.950.000 rupiah dan ACER Predator Triton 500 seharga 54 juta rupiah.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...