Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Cara Menggunakan Google Maps Meskipun Tanpa Terhubung Jaringan Internet

Gadgetren | 25 Jan 2020 18:00
Cara Menggunakan Google Maps Meskipun Tanpa Terhubung Jaringan Internet
Meskipun tidak memiliki jaringan internet yang memadai, Google Maps pun masih bisa digunakan oleh para pengguna smartphone. Layanan buatan Google ini memiliki sebuah fitur yang bernama Offline Maps.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menjelajah negeri tanpa perlu khawatir akan tersesat. Hal ini karena Google Maps masih bisa digunakan untuk menelusuri lokasi atau membimbingmu ke tempat tujuan, meskipun tanpa terhubung ke jaringan internet.

Namun supaya bisa menggunakan fitur ini, kamu terlebih dulu harus mengunduh area lokasi yang akan dikunjungi. Kamu bisa memilih area berdasarkan kota, kabupaten, provinsi hingga negara dalam hal ini.

Untuk memastikan memori yang digunakan cukup dan data-data yang sudah diunduh tidak terhapus, langkah pertama yang bisa kamu tempuh untuk mengunduh area di layanan Google Maps adalah mengatur lokasi penyimpanan petanya.

Lokasi penyimpanan peta Google Maps secara mendasar ditempatkan di dalam memori internal smartphone. Kamu bisa mengubahnya ke memori eksternal melalui Menu (ikon hamburger di pojok kiri atas) lalu kemudian memilih opsi Offline maps.

Dari halaman Offline maps yang muncul, kemudian ketuk ikon pengaturan (roda gigi) di pojok kanan atas halaman, lalu selanjutnya ubah bagian Storage preferences ke SD Card dengan mengetuknya.

Google Maps Tanpa Internet 1

Jika sudah berhasil mengubah lokasi penyimpanan ke memori eksternal, kamu selanjutnya bisa kembali ke halaman utama aplikasi Google Maps untuk mulai mengunduh area yang diharapkan.

Dari halaman utama Google Maps, kemudian ketikan nama area yang akan disimpan di kolom pencarian lalu tekan tombol Enter. Sebagai contohnya, saya menggunakan Yogyakarta dalam hal ini.

Jika sudah, nantinya akan muncul sebuah menu baru dengan judul sesuai dengan area yang dipilih di bagian bawah. Ketuk pada bagian judul tersebut untuk memunculkan lebih banyak opsi, lalu pilih opsi DOWNLOAD dan konfirmasi dengan opsi yang sesuai.

Google Maps Tanpa Internet 2

Untuk memastikan proses pengunduhan berjalan lancar, kamu bisa menggunakan WiFi atau operator dengan koneksi cepat dalam hal ini. Dan jika sudah berhasil, kamu bisa menggunakan Google Maps seperti biasa tanpa koneksi internet untuk mencobanya.

Nah jika sudah banyak area yang disimpan, kamu juga bisa mengelolanya melalui Menu lalu masuk ke opsi Offline maps. Di dalam halaman tersebut, kamu bisa menyegarkan peta yang usang atau menghapus peta yang sudah tidak digunakan.

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...