...
HP POPULER MINGGU INI

Google Kembangkan Fast Share di Android Q

Selular | 01 Jul 2019 04:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Google Kembangkan Fast Share di Android Q

Google berencana membuat terobosan untuk memperkaya fitur yang akan diimplementasikan untuk sistem operasi Android Q. Fitur tersebut adalah Fast Share, yang berfungsi untuk melakukan pertukaran data antar perangkat Android.

Pada 2011, Google sebenarnya sudah memiliki fitur yang sama, Android Beam. Sistem berbasis NFC yang memungkinkan pertukaran data jarak pendek antar perangkat. Jadi untuk menggunakan Android Beam, kedua perangkat Android diharuskan memiliki modul NFC.

Berbeda dengan Android Beam, Fast Share dapat bekerja tanpa NFC. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file, teks, tautan, dan data lain secara lokal satu sama lain — tetapi menggunakan Bluetooth, peerto-peer Wi-Fi.

Seperti diberitakan PhoneArena, layanan baru ini mirip dengan hub berbagi yang saat ini tersedia di aplikasi Files by Google. Fast Share semakin terintegrasi ke dalam lembar share sistem Android dan juga dapat diakses melalui Pengaturan > Google > Fast Share.

Metode berbagi baru dari Google dirancang untuk berfungsi di antara perangkat Android, Chromebook, iPhone, dan jam tangan pintar.

adnroid fast share

Android Fast Share dimaksudkan untuk memungkinkan berbagi jarak pendek antara perangkat yang tidak terhubung ke Internet, sehingga diperlukan layanan Bluetooth dan Lokasi untuk diaktifkan.

Cara menggunakannya cukup mudah, pengguna hanya perlu membuat nama perangkat – buka Fast Share – pilih perangkat terdekat yang dituju. Kurang lebih caranya hampir sama ketika kita ingin mengirim dan menerima melalui Bluetooth.

Ada juga opsi untuk memberikan status “Preferensi Visibilitas” kepada orang-orang yang sering pengguna hubungkan dengan Fast Share. Ini memungkinkan mereka untuk melihat perangkat pengguna ketika berada di dekatnya, bahkan jika pengguna tersebut saat ini tidak menggunakan layanan itu.

Fast Share dikabarkan akan diluncurkan bersama Android Q, tetapi mungkin tidak terbatas pada versi terbaru dari sistem operasi seluler Google.

Belum ada info resmi dari Google apakah layanan ini akan diluncurkan untuk sistem operasi versi lawas.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia