...
HP POPULER MINGGU INI

Inilah Cara Menyembunyikan File di HP Android

Review1st | 02 Jan 2020 05:10
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Inilah Cara Menyembunyikan File di HP Android

Dalam beberapa kasus terkadang kita ingin menyembunyikan file di perangkat Android yang kita gunakan, entah itu file dokumen, file foto, file video maupun file lain agar orang lain tidak bisa mengakses file tersebut. Berikut ini ada sejumlah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu.

Untuk menyembunyikan file di HP Android, kamu tidak harus melakukan rooting terhadap perangkat Android yang digunakan, bahkan untuk sejumlah type Hp tertentu kamu tidak harus menginstal aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu :

Menambahkan tanda ‘titik’ di awal nama file/folder

Salah satu cara mudah untuk menyembunyikan file di Android, kamu hanya perlu melakukan rename (mengganti nama file) menambahkan tanda . (‘titik’) di awal nama file atau folder yang ingin kamu sembunyikan, Setelah hal ini dilakukan, kamu tidak akan bisa melihat file tersebut baik dari file manager maupun dari gallery (jika file yang disembunyikan sebelumnya terlihat di gallery), karena file tersebut akan di sembunyikan oleh system.

Cara menyembunyikan file di AndroidGanti nama file yang ingin disembunyikan dengan menambahkan titik di awal nama file tersebut.

Untuk bisa mengaksesnya kembali, kamu harus menggunakan opsi Show Hidden File pada aplkasi File Manager, namun untuk sejumlah type HP Android tertentu, hal ini tidak bisa dilakukan oleh aplikasi File Manager bawaan, solusinya kamu harus enginstal aplikasi ES File Manager dari Google PlayStore.

Mengganti Ekstensi File dengan nama yang tidak dikenali Android

Cara lainnya ialah dengan mengganti ekstensi file (file extension) atau akhiran file agar tidak dikenali oleh system, sehingga nantinya file tersebut tidak terbaca terlihat di bagian gallery HP Android kamu.

Caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya yang diganti ialah akhiran filenya. Misalkan file yang ingin disembunyikan ialah file gambar yang memiliki akhiran .JPG maka akhiran tersebut kita ubah menjadi akhiran lain misalkan .JPX atau untuk file video bisa diganti dari .MP4 menjadi .MPX atau akhiran lain yang sekiranya tidak terlihat oleh system Android.

Cara Menyembunyikan File di Androidmengganti Ekstensi File .JPG menjadi .jpx untuk menyembunyikan file di Android

Untuk mengembalikan file tersebut agar kembali terlihat, kamu hanya tinggal mengganti lagi ekstensi file tersebut dengan ekstensi yang sesuai dengan sebelumnya.

Dengan cara diatas, kamu bisa menyembunyikan file, baik untuk file foto, video, dokumen ataupun juga folder.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia