Inilah Manfaat Teknologi AI di Kamera Ponsel Menurut Realme
Yangcanggih — 22 Apr 2019 15:03

Inilah Manfaat Teknologi AI di Kamera Ponsel Menurut Realme

Seperti diketahui belakangan ini para produsen smartphone selalu menjadikan teknologi AI, atau Artificial Intelligence, sebagai daya tarik utama pada perangkat mereka, khususnya ketika sedang membahas soal fotografi.

Ya, sekarang AI seolah telah menjadi fitur andalan pada kamera ponsel untuk memikat pengguna. Meski begitu, mungkin tidak semua orang sudah paham apa manfaat AI di kamera ponsel sesungguhnya.

Benarkah AI mampu memberikan pengaturan yang paling optimal sehingga kamera smartphone Anda bisa menyajikan foto yang lebih bagus? Salah satu produsen smartphone populer di Indonesia, Realme, mencoba memberi penjelasan yang lebih rinci.

Fungsi AI dalam menunjang kemampuan kamera

Sesuai namanya, AI adalah kecerdasan buatan yang bertugas untuk memudahkan sebuah pekerjaan di smartphone. Dalam konteks fotografi, Menurut Realme kehadiran AI di kamera dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis.

Dengan AI kamera smartphone dapat mendeteksi objek dalam frame foto, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detil yang lebih tajam. Kemudian AI akan memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan foto yang lebih sedap dipandang.

AI juga mampu meningkatkan kualitas foto bokeh yang sebelumnya hanya bisa dieksekusi melalui kamera profesional. Untuk pengguna yang sering selfie, AI pun sanggup mengenal fitur wajah dengan teknologi facial
recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Ponsel dengan dukungan AI tidak harus mahal

Teknologi AI memang terdengar canggih. Tapi bukan berarti untuk bisa menikmatinya Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Produk yang harganya terjangkau pun sudah ada yang dibekali AI cerdas.

Contohnya adalah Realme 3. Dengan harga di bawah 2 juta rupiah, kamera belakang smartphone ini didukung AI yang dapat mengenali 16 scene gambar independen dan 100 kombinasi scene gambar untuk secara otomatis memilih strategi pencahayaan paling pas agar menyajikan dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik.

Untuk keperluan selfie, AI dapat mengembalikan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah. Selain itu, AI pada kamera depan Realme 3 dapat menentukan jenis kelamin pengguna. Melalui mode Group Selfie Beauty yang menggunakan algoritma, kamera secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin
masing-masing orang yang ada dalam frame.

Nah, itulah manfaat AI dalam menunjang tangkapan gambar dari kamera ponsel. Menarik, ‘kan? Intinya, dengan AI Anda tidak perlu repot mengutak-atik pengaturan ketika memotret di berbagai kondisi yang berbeda.

512
512