...
HP POPULER MINGGU INI

MediaTek Perkenalkan Helio G80, Chipset Gaming untuk Mid-range

DroidLime | 03 Feb 2020 20:33
ARTIKEL POPULER SAAT INI

MediaTek Perkenalkan Helio G80, Chipset Gaming untuk Mid-range

Di industri chipset untuk perangkat seluler, MediaTek sepertinya mulai akan mengejar Qualcomm. Ya! Pabrikan chipset asal Taiwan ini baru saja meluncurkan chipset terbarunya Helio G80. Chipset ini hadir untuk smartphone gaming yang nantinya bakal dijual dengan harga lebih terjangkau.

Seperti yang sudah kita tahu bersama, MediaTek pada pertengahan tahun lalu membuat gebrakan dengan memperkenalkan Helio G90. Dan smartphone pertama yang begitu percaya memakai chipset tersebut adalah Redmi Note 8 Pro yang diproduksi oleh Xiaomi.

Ya! Helio G80 meluncur untuk berada diantara Helio G90 dan Helio G70 yang baru diluncurkan pada bulan lalu. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 12 nm dan menawarkan CPU Octa-core dengan konfigurasi 2 x Cortex-A75 dengan clock speed 2,0 GHz dan 6 x Cortex-A55 dengan clock speed 1,8 GHz.

Helio G80 pada dasarnya memiliki kemiripan dengan Helio G70, tetapi dengan clock speed yang sedikit lebih rendah pada core kecil jadi alih-alih 1,8 GHz, enam core Cortex-A55 berjalan pada clock speed 1,7 GHz. Keduanya juga memiliki GPU yang sama, yakni Mali-G52, tetapi memiliki clock speed yang berbeda.

Ya! Helio G80 menawarkan GPU Mali-G52 dengan clock speed 950 MHz, sementara Helio G70 harus puas dengan GPU Mali-G52 yang berjalan pada clock speed 820 MHz. Selain itu, Helio G80 juga sudah dibekali beberapa fitur canggih, seperti teknologi HyperEngine Game dan bulit-in VoW (voice on wakeup).

Fitur terakhir yang disebutkan untuk menurunkan konsumsi daya pada layanan bantuan suara, sementara HyperEngine menjanjikan game yang lebih halus, seperti pada Helio G90. Kegunaan lainnya dari HyperEngine adalah peralihan secara cerdas ke koneksi LTE + WiFi ketika sistem mendeteksi koneksi internet yang lambat.

Diperkirakan, Helio G70 dan Helio G80 akan ada di dalam sebuah handset baru yang akan meluncur pada akhir bulan ini di India dan nantinya perangkat tersebut juga akan menjangkau pasar global. Hanya saja, MediaTek enggan menyebutkan nama smartphone atau pabrikan yang akan memakai kedua chipset tersebut.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia