Loading interface...
Loading interface...
HP TERBARU

Loading interface...
Populer saat ini

Loading interface...
Loading interface...

Teknologi Layar 120Hz di Smartphone, Penting Banget?

Telset | 11 Feb 2020 05:10
Teknologi Layar 120Hz di Smartphone, Penting Banget?

Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat bertanya-tanya, “setelah ini apa lagi ya?”, jika bicara tentang teknologi di dunia smartphone yang terus berkembang dan seperti tak ada habisnya. Mulai dari prosesor, besaran RAM, kapasitas baterai, resolusi kamera, hingga, tentu saja layar. Dari yang besarnya seukuran 2 jari hingga telapak tangan, dari yang sekedar LCD hingga Super AMOLED, dan sebagainya. Kini, kita bahkan dibawa untuk mengenal teknologi layar 120Hz. Nah, apa lagi nih?

Saat ini, teknologi layar 120Hz memang bisa dibilang masih baru dan belum banyak diadopsi oleh banyak smartphone, kecuali smartphone kelas atas setara flagship. Nah, Oppo Find X2, yang direncanakan Oppo bakal meluncur di event Mobile World Congress (MWC) bulan ini adalah satu dari sedikit smartphone yang telah dikonfirmasi bakal menggunakan teknologi layar 120Hz. Pertanyaannya sekarang, sedemikian istimewakah teknologi layar ini?

Sebelum menjawab itu, penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh tentang teknologi layar secara keseluruhan, dalam hal ini terkait refresh rate ataupun frame rate yang dimiliki. Refresh rate sendiri mengacu pada kecepatan layar dalam memperbarui atau me-refresh ulang gambar per detiknya, dan dihitung dalam satuan Hertz (Hz).

Kecepatan refresh yang lebih tinggi berarti lebih banyak gambar yang ditampilkan dalam jumlah waktu yang sama, yang berarti setiap gerakan di antara setiap frame tampak lebih halus. Lebih banyak gambar berarti perubahan gambar akan diselesaikan lebih cepat membuat perangkat terasa lebih responsif, karena bereaksi lebih cepat terhadap perintah yang diberikan pada layar.

Apa hubungannya dengan frame rate?

Frame rate diukur dalam frame-per-second, atau “fps”. Ini merupakan angka yang menunjukkan seberapa cepat prosesor grafis dapat memproses dan mengirimkan gambar individual ke layar. Frame rate tinggi biasanya akan menarik konsumen gaming dan juga film.

Kecepatan refresh yang tinggi menjadi penting untuk menunjang frame rate yang tinggi. Jika keduanya tidak sejalan, maka konten yang ditampilkan di layar pun akan berakhir tidak sempurna. Kita mengenalnya dengan istilah “screen tearing”, yakni suatu kondisi dimana muncul garis–garis horizontal yang mebuat kesan bagian layar terbagi dua.

Sebuah video game yang berjalan pada 120fps di layar 120Hz atau lebih tinggi misalnya, akan terlihat lebih halus daripada game yang sama jika dijalankan pada 60fps di layar 60Hz.

Teknologi layar 120Hz di smartphone, penting?

Jika ditanya penting atau tidak, sebenarnya jawabannya tergantung. Jika Anda hanyalah seseorang yang memanfaatkan ponsel untuk kegiatan sederhana, katakanlah menelepon, browsing, chatting atau membuka email dan menyelesaikan sedikit pekerjaan, mungkin jawabannya tidak. Lain halnya jika Anda adalah seorang pecinta film atau gamer sejati, yang senantiasa butuh segala sesuatu berjalan mulus di atas layar. Bisa jadi, smartphone dengan teknologi layar 120Hz adalah apa yang Anda butuhkan.

Terlebih, tak sedikit game mobile di luar sana yang dapat ditampilkan pada frame rate lebih tinggi dari 60fps dan perusahaan seperti Oppo sepertinya tahu betul akan hal itu. Karenanya, mereka menggagas Oppo Find X2 untuk memenuhi keinginan orang-orang yang ingin memainkan game-game tersebut.

Selain membawa fitur layar 120Hz, Find X2 juga akan dilengkapi layar HDR, yang diketahui dapat memproduksi lebih banyak warna pada layar. Untuk melengkapinya, ada pula Qualcomm Snapdragon 865 5G, yang hadir dengan menggabungkan Sistem RF-modem 5G dengan platform seluler yang dirancang untuk menghadirkan konektivitas dan kinerja yang tak tertandingi. Hmm… Yo gamer, mana suaranya?!

Like
Simpan
Bagikan
Tulis Komentar

Rekomendasi terdekat


Rekomendasi terdekat

Populer saat ini

Hp Terbaru
Loading interface...